Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Peserta Lomba Cerdas Cermat

FEBUPNVJ – Jumat (27/09/24) Kelompok Studi Mahasiswa BI Corner Study Club kembali menggelar perlombaan tingkat nasional BI Corner Competition 2024 yang bertempat di Auditorium Bursa Efek Jakarta, Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Lantai 4 UPNVJ. BICC tahun ini mengusung tema “The Strategy of Gen Z as a driving force of Indonesia’s economy in the society 5.0 era”.

Acara ini terdiri dari tiga rangkaian dimana acara hari ini merupakan rangkaian semifinal dan final. Babak semifinal diikuti oleh enam tim yang berasal lima perguruan tinggi di Indonesia. Babak semifinal terdiri dari tiga tahap, dimana pada saat semifinal soal terdiri dari soal pilihan ganda dan essay. Dalam semifinal pertama, babak dibagi menjadi tiga, dimana semifinal pertama dan kedua terdiri dari tiga tim yang bertanding dengan urutan acak yang telah dibuat sebelumnya. Pemenang kedua babak ini akan menjadi finalis untuk babak final. Sedangkan peserta yang kalah di babak ini akan bertanding ulang untuk memperebutkan sisa kuota final. Babak semifinal dinilai oleh Ibu Reska Prasetya, M.Si. selaku dewan juri. Beliau merupakan seorang ekonom senior yang saat ini menjabat sebagai Asisten Direktur di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta. 

Babak semifinal pertama diikuti oleh tiga tim yaitu Tim Capital Core (Universitas Negeri Jakarta), Tim Monetary Fun (Universitas Indonesia), dan Tim Elmu (Universitas Gajah Mada). Babak semifinal pertama ini dimenangkan oleh Tim Monetary Fun (Universitas Indonesia). Babak semifinal dua diikuti oleh tiga tim yaitu Tim Diponomics (Universitas Diponegoro), Team Bull dan Kamptropper (UPN Veteran Jakarta). Babak semifinal kedua ini dimenangkan oleh Tim Diponomics (Universitas Diponegoro). Setelah keenam tim mengikuti babak semifinal, dilakukan pertandingan ulang untuk memperebutkan kuota peserta final, dimana babak ini diikuti oleh Tim Capital Core (Universitas Negeri Jakarta), Tim Elmu (Universitas Gajah Mada), Team Bull dan Kamptropper (UPN Veteran Jakarta). Babak semifinal kedua ini dimenangkan oleh Tim Diponomics (Universitas Diponegoro). Babak ini dimenangkan oleh Team Bull (UPN Veteran Jakarta).

Babak final diikuti oleh tiga tim yang telah memenangkan babak semifinal 1, babak semifinal 2, dan babak semifinal tiga. Dalam babak final ini, soal terdiri dari tiga jenis yaitu 10 soal pilihan ganda, 5 soal essay, dan soal analisis kasus. Babak ini dinilai oleh Bapak Dr.Tauhid Ahmad selaku dewan juri. Babak ini diikuti oleh tiga tim yaitu Tim Monetary Fun (Universitas Indonesia), Tim Diponomics (Universitas Diponegoro), dan Team Bull (UPN Veteran Jakarta). Setelah tiga putaran lomba babak final, perlombaan ini menghasilkan tiga juara utama yakni Tim Monetary Fun (Universitas Indonesia) sebagai juara pertama, Team Bull (UPN Veteran Jakarta) sebagai juara kedua, dan Tim Diponomics (Universitas Diponegoro) sebagai juara ketiga.

Perlombaan ini ditutup dengan beberapa patah kata dari Bapak Tauhid selaku dewan juri. Beliau merasa terkejut melihat kemampuan para tim peserta lomba BICC 2024 kali melebihi ekpektasi. Beliau juga berpesan untuk menjadikan lomba ini sebagai pelajaran yang berharga. “Bercita-citalah setinggi langit, buatlah roadmap untuk mencapai cita-cita itu, mengikuti lomba ini merupakan langkah awal kalian untuk berjalan mencapai cita-cita kalian” ucap Bapak Tauhid sebagai penutup acara.

Kami berharap dengan adanya acara perlombaan seperti ini dapat menjadi wadah bagi generasi Z untuk mengekspresikan ide, gagasan, dan solusi mereka dalam membangun ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi. Dengan demikian, generasi Z tidak hanya menjadi pemakai teknologi, tetapi juga menjadi penggerak utama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju di era Society 5.0.

Share :
Tags: