Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Pemaparan materi oleh Narasumber Prof Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA

FEBUPNVJ – Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA selaku Guru Besar Bidang Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta hadir sebagai salah satu pembicara di acara Seminar Nasional dan Call For Papers 7th Business Management, Economics and Accounting National Seminar  (BIEMA) 2024. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis (12/9/2024) di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, UPN “Veteran” Jakarta ini dihadiri oleh mahasiswa – mahasiswa FEB UPNVJ.

Empat poin utama yang menjadi topik papara Prof. Erna kali ini yaitu tentang 3 pilar Governance, Capaian Kualitas Implementasi CG Sektor Pemerintah, Capaian Kualitas Implementasi CG Sektor Dunia Usaha, serta Perkembangan ESG Dalam Pelaporan Dan Penelitian.

Prof. Erna menekankan pentingnya penerapan Good Corporate Governance (GCG) sebagai landasan utama untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan. Tiga pilar utama dalam governance, yaitu negara, dunia usaha, dan masyarakat, memainkan peran penting dalam menciptakan iklim usaha yang sehat, transparan, dan efisien. “Kualitas implementasi CG di sektor pemerintah dan dunia usaha perlu ditingkatkan, terutama dalam hal transparansi, akuntabilitas, dan penegakan hukum,” ungkap Prof. Erna dalam paparannya.

Ia juga menyoroti bagaimana dunia usaha harus meningkatkan praktik CG dengan cara menerapkan GCG secara lebih ketat, menghindari praktik tidak sehat seperti suap, serta memastikan keterlibatan aktif pemangku kepentingan. Lebih lanjut, beliau menekankan peran ESG (Environmental, Social, Governance) dalam laporan keuangan perusahaan sebagai bagian penting dari tata kelola perusahaan yang bertanggung jawab.

“Korupsi adalah gejala absennya good governance,” ujar Prof. Erna. Oleh karena itu, implementasi CG yang efektif tidak hanya menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, Prof. Erna juga memaparkan tentang peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pelaporan ESG. Dalam beberapa tahun terakhir, pelaporan ESG semakin relevan dan terbukti menciptakan nilai tambah bagi kinerja finansial perusahaan.

Melalui presentasi ini, Prof. Erna Hernawati berharap agar semua elemen, baik dari pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat, dapat bekerja sama untuk menciptakan iklim bisnis yang berkelanjutan dan transparan.

Share :
Tags: