Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Foto Bersama dengan Peserta MABIM

FEBUPNVJ – Himaprodikap Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menggelar acara Masa Bimbingan Mahasiswa Baru 2024 Program studi D3 Perbankan dan Keuangan yang diadakan selama 2 hari secara offline pada Jumat dan Sabtu (06-07/08/2024) yang bertempat di Muh. Yamin Gedung Fisip A Ruang Diploma UPN “Veteran” Jakarta dan Auditorium Bhineka Tunggal Ika, UPN “Veteran” Jakarta. Dengan tema “Continue The Journey To Achieve A Common Goal”. Dalam rangka berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, Mahasiswa baru 2024 diharapkan juga  memiliki sikap terbuka untuk bekerja sama. Masa Bimbingan Mahasiswa D3 Perbankan dan Keuangan juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait program studi D3 Perbankan dan Keuangan.

Masa Bimbingan Mahasiswa Baru 2024 D3 Perbankan dan Keuangan bertujuan untuk Mengenal lebih dekat dengan program studi Perbankan dan Keuangan, Mengenal dan lebih dekat dengan teman satu angkatan dan Saran sosialisasi peraturan-peraturan kemahasiswaan yang berlaku di lingkungan Universitas, memberikan motivasi dan mengenalkan bagaimana memanajemen waktu dengan baik antara belajar, organisasi dan berprestasi.

Dengan peserta terdiri dari mahasiswa baru angkatan 2024 yang berjumlah 116 orang, Panitia angkatan 2022-2023 yg berjumlah 63 orang, Kaprodi D3 Perbankan dan Keuangan, Wakil Dekan III, serta 2 Narasumber. Kegiatan ini diharapkan dapat mengenal lebih dalam lagi mengenai program studi Perbankan dan Keuangan.

Sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Acara diawali dengan sambutan dan harapan ketua pelaksana acara Masa Bimbingan Mahasiswa Baru 2024 Program studi D3 Perbankan dan Keuangan, Silvia Khoirunnisa memberikan sepatah dua patah kalimat, yaitu “semoga di acara mabim ini, mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat dengan Program studi D3 Perbankan dan Keuangan beserta himpunan yang ada di dalamnya, selain itu dapat mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari mengenai ilmu yang berharga yang akan disampaikan oleh para narasumber hebat kita, baik di hari ini maupun di hari kedua.”

Wakil Dekan III, Praptiningsih menuturkan sebuah harapan bahwa “Mabim kali ini diharapkan dapat menciptakan mahasiswa baru Program studi D3 Perbankan dan Keuangan yang lebih aktif dan berprestasi lagi kedepannya dan menciptakan Program studi D3 Perbankan dan Keuangan menjadi Program studi yang menghasilkan mahasiswa berprestasi dan unggul kedepannya”.

Pemaparan pertama dibawakan oleh Dina Defina yang membawakan materi mengenai  KB Bank Syariah. Dimana materi tersebut sangat relevan dengan program studi yang ditempuh. Dina menjelaskan secara detail mengenai KB Bank Syariah, memberikan informasi mengenai produk – produk yang ada di KB Bank Syariah, Menjelaskan apa saja manfaat dimana produk pendanaan Bank Syariah membantu masyarakat mengelola keuangan dengan lebih efektif, menawarkan solusi tabungan, investasi, dan pembiayaan untuk mendukung kebutuhan finansial dan pertumbuhan usaha, persyaratan, biaya, serta fasilitas yang akan di dapat dari tiap produk yang ada di KB Bank Syariah. Diharapkan mahasiswa baru dapat mengimplementasikan materi tersebut pada saat pembelajaran di kelas berlangsung.

Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Edar Maradesa yang membawakan materi public speaking, Edar menjelaskan pentingnya untuk belajar public speaking dimana kemampuan berbicara di depan umum meningkatkan kepercayaan diri, memperkuat kemampuan komunikasi, dan memungkinkan seseorang mempengaruhi, memotivasi, serta menginspirasi orang lain, serta public speaking juga membuka peluang untuk membangun jaringan, meningkatkan reputasi, dan menyampaikan pesan dengan lebih berdaya guna. Kemudian Edar Maradesa juga menjelaskan pentingnya untuk terus percaya diri, dimana rasa percaya diri dapat mempengaruhi cara seseorang berkomunikasi, membuat keputusan, dan menghadapi tekanan. Dengan percaya diri, individu lebih mampu mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, dan meraih kesuksesan, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain dan menciptakan dampak positif dalam organisasi maupun masyarakat. dan tips sukses dalam belajar public speaking. Materi ini sangat berguna untuk kehidupan sehari hari, dimana kita sebagai generasi muda harus berani untuk berbicara di depan public dan harus selalu percaya  pada diri sendiri.

Penjelasan materi kaprodi mengenai D3 Perbankan dan Keuangan

Salah satu Mahasiswa Baru 2024 pada rangkaian acara Mabim memberikan kesan dan pesannya terhadap acara Mabim tahun ini “buat hari pertama dan kedua mabim 2024 ini seru abis dan gokil, ga boring dan teman – temannya seru semua dan panitianya juga ga kalah keren banget, pokoknya mabim 2024 keren banget.”

Acara ini juga melibatkan banyak manfaat untuk Mahasiswa Baru 2024 program studi D3 Perbankan dan Keuangan. Kemudian dengan membawa konsep “Continue The Journey To Achieve A Common Goal” membuat mahasiswa D3 Perbankan dan Keuangan menjadi lebih mengenal banyak mengenai Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan, mengenal kegiatan-kegiatan Hima D3 Perbankan dan Keuangan.

Acara Mabim 2024 D3 Perbankan dan Keuangan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan bagi para mahasiswa baru 2024 dan para panitia. Dengan adanya kegiatan ini, Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman dan pembelajaran yang dapat berguna serta berharga bagi Mahasiswa Baru 2024 D3 Perbankan dan Keuangan. D3 Perbankan dan Keuangan juga akan terus berkembang menjadi program studi yang memiliki banyak mahasiswa aktif dan  berprestasi di dalamnya.

Share :