Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Sabtu (07/09/2024) Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi FEB UPNVJ adakan kegiatan Seminar Nasional 2024 dengan mengusung tema “The Dynamic Role of Accountants in Facing Economic Revolution”. Acara ini dilakukan secara Offline berlokasi di Auditorium LT 8 Gedung Merce Kampus II Limo dan Online melalui platform Zoom Meeting. Pada acara ini terdapat 3 sesi materi yang terbagi menjadi Economic Issue & ESG disampaikan oleh Bapak Arie Saputra, S.Sos., MM., PH.D (CAND) selaku Marketing Engagement Manager At PEFC. Pada sesi kedua yaitu Financial Planner diisi oleh Bapak Angga Tumiwa S.I.Kom selaku Senior Offline Sales Manager At Allobank. Pada sesi terakhir yaitu The Importance of Investment diisi oleh Ibu Beryanda Carolyn Sandika,.M.B.A., CIB., CSA. selaku Head of Business partnership & Communication at Investasiku.

Ketua Program Studi S1 Akuntansi, Andy Setiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Topik yang digunakan sangat menarik terutama untuk mahasiswa akuntansi yang pertama adalah peran akuntan terkait dengan ESG. Sebagai calon akuntan menajdi pemeran awal yang dapat mengaplikasikan ESG. Selanjutnya dengan mengatur keuangan yang dimana Gen-z memiliki pola keuangan – easy come and easy go.

Pemaparan materi oleh Arie Saputra selaku Marketing Engagement Manager At PEFC.

Pemateri pertama akan membahas mengenai Economic Issue & ESG disampaikan oleh Arie Saputra selaku Marketing Engagement Manager At PEFC. Pada sesi kedua yaitu Financial Planner diisi oleh Bapak Angga Tumiwa S.I.Kom selaku Senior Offline Sales Manager At Allobank. Pada sesi terakhir yaitu The Importance of Investment diisi oleh Beryanda Carolyn Sandika,.M.B.A., CIB., CSA. selaku Head of Business partnership & Communication at Investasiku.

Pemateri pertama Arie Saputra selaku Marketing Engagement Manager At PEFC, membahas mengenai bagaimana akuntan dapat menerapkan dan menavigator ESG. Sesi ini dimulai dengan menjelaskan mengenai bagaimana keadaan ekonomi negara saat ini dan bagaimana perubahan navigasi yang dimana perusahaan dituntut untuk dapat memberikan ESG kepada masyarakat. Selanjutnya, Narasumber menyampaikan aspek mengenai pertumbuhan ekonomi, deforestasi, peranan akuntan dalam mengatasi isu negatif dalam kemajuan ekonomi, cara mengatasi ESG, dan keterampilan yang diperlukan oleh akuntan untuk ESG.  Selain itu, integritas menjadi hal yang penting hal ini dikarenakan integritas dapat memastikan bahwa laporan keuangan dapat mencerminkan kondisi keuangan perusahaan serta membantu perusahaan dapat memenuhi standar keuangan dan regulasi. Dalam kesimpulan mahasiswa  dapat memiliki peran penting dalam praktik  bisnis Dalam hal ini ESG dapat mendorong penelitian dan kolaborasi dengan industri untuk mengembangkan praktik dan komitmen dari semua pihak agar penerapan dapat terjadi.

Penyampaian materi oleh Angga Tumiwa selaku Senior Offline Sales Manager At Allobank

Pemateri kedua Angga Tumiwa selaku Senior Offline Sales Manager At Allobank, membahas mengenai bagaimana cara mengelola dan mengatur keuangan. Hal ini penting karena pengelolaan uang mengacu pada proses penganggaran, tabungan, investasi, pengeluaran, atau mengawasi keuangan modal. Narasumber memberitahu tahapan yang dapat dilakukan untuk financial management yaitu memahami konsep financial, mengidentifikasi kebutuhan, dan mengikuti tips untuk dapat memaksimalkan financial management. Lalu, Mashlow Hierarchy, cara mengelompokkan pendapatan dengan memecahnya menjadi needs (50%), wants (30%), dan saving (20%). Saving dapat dilakukan dengan berinvestasi, dana usaha, dan menabung. Selanjutnya Narasumber membahas mengenai allobank merupakan Digital Bank yang dimiliki oleh Bank Mega. Allobank memiliki allo grow yaitu buku Tabungan untuk dana darurat, deposito berjangka, dan jika memiliki allobank dapat mendapatkan cashback berupa poin di beberapa merchant.

Penyampaian materi oleh Beryanda Carolyn Sandika selaku Head of Business partnership & Communication at Investasiku

Pemateri Ketiga Beryanda Carolyn Sandika selaku Head of Business partnership & Communication at Investasiku, membahas mengenai investasi. Pada generasi Sekarang masyarakat cenderung FOMO, YOLO, melakukan pinjol, dan semacamnya padahal kehidupan baru mulai Ketika kita menikah. Sebagai akuntan kita perlu aware dengan sekitar salah satunya dengan financial planning yang membuat masyarakat aman, nyaman, dan dapat diwariskan atau dikembangkan kepada anak kita. Aman secara keuangan dikerjakan dengan melakukan dana darurat, melunasi kewajiban konsumtif, mengatur cash flow, dan memiliki asuransi. Nyaman secara keuangan dapat dikerjakan salah satunya dengan investasi untuk mencapai financial freedom di usia muda.  Investasi perlu dilakukan karena uang kita dapat berkembang, lalu nilai uang akan terus terkikis seiring berjalannya waktu akibat adanya inflasi. Investasi dibagi menjadi investasi real dan investasi asset. Narasumber juga membahas mengenai manfaat dari pasar modal dan reksadana. Investasi diperlukan untuk mengetahui manakah keinginan dan kebutuhan. Mengetahui profil investasi diperlukan agar tau manakah investasi yang cocok dengan kita.

Share :