Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Foto bersama dengan para peserta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (24/8/2024) dilaksanakan kegiatan program kerja HIMA S1 Manajemen yaitu Masa Bimbingan Manajemen (MAMEN) day 2 dengan tema “Superhero” yang dilaksanakan di UPN “Veteran” Jakarta, Auditorium Bhinneka Tunggal Ika. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa baru dapat menemukan jati diri mereka dan lebih siap menghadapi tantangan akademik. Tema “Superhero” yang diusung menjadi simbol bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi besar untuk menjadi pahlawan di bidang mereka masing-masing, membawa perubahan positif bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Tujuan dari kegiatan Masa Bimbingan Manajemen ini adalah untuk memperkenalkan lingkungan perkuliahan khususnya di Jurusan S1 Manajemen baik secara akademik maupun non akademik, memperkuat solidaritas diantara mahasiswa baru jurusan manajemen angkatan 2024, serta menciptakan generasi S1 Manajemen 2024 yang berprestasi dan dapat berkontribusi bagi kemajuan jurusan, fakultas, maupun Universitas.

Foto bersama dengan narasumber

Pada kegiatan ini panitia menghadirkan seorang public speaker ternama dari Universitas Gadjah Mada yang memberikan semangat dan inspirasi kepada mahasiswa baru. Dia adalah Edelyne Mia Martanegara yang membahas pentingnya public speaking terutama bagi mahasiswa manajemen untuk life challenging, selling, presentasi dan lain-lain. “Public Speaking itu bisa dilatih dan bisa dari lingkungan sekitar yang mendorong untuk berbicara didepan umum, misalnya saat kalian presentasi lebih baik hanya menampilkan poin-poinnya saja dan selebihnya dijelaskan oleh kita” ujar Edelyne Mia Martanegara. Tak hanya itu, Beliau juga memberikan tips public speaking seperti selalu memperhatikan intonasi, body language,  movement, eye contact, dan untuk menguasai public speaking jangan takut untuk gagal.

Kemudian acara dilanjut dengan Focus Group Discussion (FGD) beserta peserta-peserta MAMEN 2024 yang dilaksanakan oleh perwakilan terbaik dari masing-masing 14 kelompok MAMEN yang sudah ditentukan di hari pertama MAMEN 2024 dengan topik “Kesetaraan Kesempatan Menempuh Pendidikan”, “Gen Z Stereotype”, dan  “2045 Indonesia Emas”.  Salah satu kelompok menyampaikan ide gagasannya, yaitu peran pemerintah penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045 dengan prioritas pada pengembangan sistem pendidikan. Daripada memotong tunjangan, lebih baik menambah dana pendidikan untuk pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia agar dapat bersaing dengan negara maju.

Kegiatan selanjutnya adalah sesi last performance, ada 14 kelompok yang akan tampil pada saat last performance dan urutan tampil kelompok sudah ditentukan oleh panitia. Sebelum tampil, para peserta diberikan waktu untuk bersiap-siap mempersiapkan yel-yel serta last performance. Setelah para peserta mempersiapkan untuk perform, maka setiap kelompok bergantian maju ke depan untuk menampilkan performa terbaiknya.

Sesi pemaparan narasumber

Kemudian masuk pada sesi sosialisasi pencalonan Calon Ketua Angkatan (CAKETANG) 2024 yang dibawakan oleh Ketua Angkatan 2022 yaitu Thazkiya Firly Wicaksono serta Ketua dan Wakil Ketua Angkatan 2023 yaitu Naira Dwi Shakila dan Faiz Ikram Kamil. Sosialisasi diisi dengan tugas pokok, anggota-anggota Ketang Manajemen dari tahun 2021 – 2023, acara-acara serta aktivitas seperti gathering dan sport activities yang diselenggarakan oleh KEMA S1 Manajemen sejak tahun 2022 – 2023. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sesi open recruitment magang di HIMA S1 Manajemen 2024 oleh Biro Human Resource HIMA S1 Manajemen.

Di penghujung acara, salah satu mahasiswa baru, Muhammad Dava Ramadhan, menyampaikan kesannya terhadap acara ini, “Kesan MAMEN day 1 banyak materi penting yang dipaparkan dan ice breaking juga seru banget, di day 2 gokil seru banget, materinya sangat berguna dan dilanjut last perform yg bikin suasana seru banget” ungkapnya. Kemudian acara ditutup oleh MC dan terakhir sesi dokumentasi bersama mahasiswa baru S1 Manajemen dan seluruh panitia yang menandakan acara Masa Bimbingan Manajemen (MAMEN) 2024 telah berakhir.

Share :