Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Foto bersama dengan teman-teman penyandang disabilitas di Yayasan Dharma Asih Depok

FEBUPNVJ – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) sukses menyelenggarakan Ekonomi Syariah Peduli Sosial (EKSPOS) 2024 yang merupakan salah satu rangkaian dari acara “Sosio Care” oleh Kabinet Arkananta Bimantara sebagai realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Melalui EKSPOS, Ekonomi Syariah ingin menunjukkan bahwa kesetaraan pendidikan telah menjadi isu sosial yang harus ditindaklanjuti. Oleh karena itu, KEMA Ekonomi Syariah akan belajar dan berinteraksi langsung dengan para penyandang disabilitas. Acara ini diadakan pada hari Kamis (8/8/2024) dengan mengusung tema “Satu Langkah Kecil untuk Masa Depan Tanpa Batas.” Program EKSPOS 2024memiliki tujuan mengembangkan rasa kepedulian sosial dan empati melalui berbagai kegiatan interaktif yang dilakukan oleh KEMA Ekonomi Syariah dengan teman-teman penyandang disabilitas di Yayasan Dharma Asih Depok.

Acara ini dihadiri oleh teman-teman penyandang disabilitas beserta jajaran guru Yayasan Dharma Asih Depok yang turut mendampingi, Bapak Ade Nur Rohim, S.H.I, M.E.I, CDIF. selaku Kepala Program Studi Ekonomi Syariah UPNVJ, dan KEMA Ekonomi Syariah selaku panitia. “Terima kasih sedalam-dalamnya kami ucapkan atas perhatian dan ketersediaannya untuk mengadakan acara di sini. Mudah-mudahan, kegiatan ini bukan pertemuan yang pertama dan terakhir. Dan mudah-mudahan, acara ini ada lagi selanjutnya”, begitu tutur Ibu Susi Nurhayati selaku perwakilan dari jajaran guru Yayasan Dharma Asih Depok.

Sambutan Kepala Program Studi Ekonomi Syariah

Acara ini dimulai dengan sesi melukis totebag oleh teman-teman tuna rungu beserta tebak gambar dan mewarnai oleh teman-teman tuna grahita. Tidak hanya itu, acara EKSPOS 2024 juga mengusung beberapa kegiatan yang bersifat menghibur para teman-teman penyandang disabilitas, seperti pembacaan dongeng “Kura-Kura dan Kelinci” oleh Ahmad Fariz dan Muhammad Naufal Faqiih sebagai perwakilan dari KEMA Ekonomi Syariah yang kemudian dilanjut dengan penampilan tari dan menyanyi dari perwakilan teman-teman yayasan. Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu ajang bagi KEMA Ekonomi Syariah dalam menyadari perannya sebagai mahasiswa untuk turut aktif memajukan kesetaraan pendidikan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membawa pesan bagi masyarakat bahwa teman-teman penyandang disabilitas juga berhak mendapat pendidikan dan pengajaran yang layak.

Share :