Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Sabtu (27/7/2024) telah dilaksanakan workshop Public Speaking sebagai rangkaian acara selanjutnya dari Accounting Building Career Development Festival 2024 (ABCD Fest 2024) yang mengusung tema SEEDS Summit (Strategic Auditing, Effective Communication, Career Visioning, Development CV Crafting). Acara ini diadakan dengan tujuan utama untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan berbicara di depan umum, sehingga mereka dapat mengembangkan diri supaya  lebih percaya diri dan mampu menyampaikan ide-ide mereka secara jelas dan persuasif. Dengan keterampilan berbicara di depan umum yang baik, mahasiswa dapat membangun hubungan yang kuat serta memperoleh kesempatan baru dalam karir dan kehidupan pribadi mereka. Workshop ini dilaksanakan secara offline di Ruang Bursa Efek Jakarta (BEJ), Lantai 4, UPN “Veteran” Jakarta dan dihadiri oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta dan 4 orang tamu undangan dari internal UPN ‘Veteran’ Jakarta. 

ABCD Fest 2024 adalah sebuah festival tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta. Festival ini bertujuan untuk memberikan berbagai pelatihan dan seminar yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswa. Salah satu acara unggulannya pada tahun ini adalah workshop Bedah CV karena relevansi dan manfaat praktisnya dalam persiapan karir.

Penyampaian materi mengenai “Public Speaking” menjadi inti acara pada hari ini, dimulai dengan MC yang membacakan CV dari pemateri, yaitu Nasya Aldina S. Ak. dimana beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum GenBI Jakarta Tahun 2023/ 2024. Selain itu, beliau juga menjadi perwakilan mahasiswa untuk memberikan speech pada wisuda ke 72 di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Melalui pengalamannya tersebut, telah membuktikan kemampuannya dalam berkomunikasi secara efektif kepada khalayak yang beragam. Pengalaman tersebut tentu akan menjadi modal berharga dalam penyampaian materi tentang public speaking hari ini.

Sesi penyampaian materi membahas mengenai fakta mengenai public speaking, pengertian, tujuan, hal yang harus diperhatikan, dan tips & trick supaya dapat berbicara di depan umum. Beliau menyampaikan fakta bahwa lebih dari 75% orang mengalami glossophobia yaitu rasa takut yang berlebih saat berbicara di depan umum. Sementara, public speaking sebenarnya lekat dengan kegiatan sehari-hari, seperti debat ketika lomba atau presentasi ketika di depan kelas.

Public speaking tidak hanya tentang berbicara di depan umum, tetapi juga harus mengetahui konteks yang dibicarakan. Public speaking merupakan kemampuan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu informasi yang informatif. Beliau menjelaskan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan pada saat melakukan public speaking, di antaranya yaitu gestur, suara, dan alat bantu yang digunakan. Selanjutnya, beliau juga menerangkan tentang bagaimana untuk mendapat perhatian dan cara untuk percaya diri dalam berkomunikasi. Beliau memberikan tips ketika merasa blank saat berbicara di depan umum untuk memberikan konjungsi ketika berbicara, supaya bisa menginterpretasikan kalimat yang akan disampaikan.

Acara public speaking diakhiri dengan kesan dan pesan yang disampaikan oleh perwakilan satu peserta, yang berbagi pengalaman dan manfaat yang mereka peroleh selama acara berlangsung. Selanjutnya, Ketua Pelaksana ABCD Fest 2024 Eyglus Nabby Habakuk Djuniarta memberi sertifikat kepada pemateri Nasya Aldina S. Ak. Terakhir,  MC melakukan penutupan dengan mengajak foto bersama dan mengarahkan peserta untuk mengisi feedback pada akhir acara.

Share :
Tags: