Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – (27/7/2024) Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) sukses menyelenggarakan salah satu program nasional, Diskoria & Networking Program, yang merupakan bagian dari rangkaian acara Islamic Economics Student Summit 2024. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2024, dengan mengusung tema “Gen Z Capability for Indonesian’s Preparation as Global Islamic Economic Center.” Program Islamic Economics Student Summit memiliki tujuan utama sebagai forum diskusi terkait perkembangan ekonomi Islam serta menjadi ajang pertemuan organisasi mahasiswa ekonomi Islam se-Indonesia. Dalam rangkaian acara ini, Diskoria & Networking Program diadakan untuk memberikan pengalaman organisasi antar perguruan tinggi, lebih mengenal anggota-anggota himpunan organisasi perguruan tinggi lain, serta membahas isu-isu ekonomi syariah yang sedang marak diperbincangkan.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi diberikan kesempatan untuk berdiskusi untuk membahas isu-isu ekonomi syariah, yaitu terkait perkembangan investasi syariah. Menurut mahasiswa Universitas Padjadjaran, Ibrahim mengatakan “Aturan yang jelas dan transparansi sangat penting dalam platform investasi syariah agar memenuhi kepatuhan syariah. Perkembangan teknologi digital dapat membantu dalam pelaksanaan peningkatan ekonomi Islam di Indonesia”. Selain itu, pada rangkaian acara Networking Program, mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperkenalkan himpunan organisasinya, mulai dari struktur keanggotaan, program kerja yang diusung, dan lainnya. Paparan presentasi yang dilakukan himpunan dilakukan secara bergilir. Salah satu hasil pemaparan himpunan dari perguruan tinggi mendapatkan pujian serta respon positif dari perguruan tinggi lain karena struktur himpunan yang terstruktur dan memiliki program kerja yang sangat baik untuk dijadikan sebagai contoh. Ketua Himpunan tuan rumah acara Islamic Economics Student Summit 2024, Airlangga Hernadi, memberikan komentar, “Kegiatan ini bisa menjadi wadah silaturahmi dan mempererat tali ukhuwah di antara mahasiswa ekonomi syariah. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti acara ini dapat mengenal satu sama lain, dan bisa ikut andil untuk meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia”, ujarnya. Dalam hal ini, Beliau juga menekankan pentingnya untuk generasi muda antusias menyambut ekonomi Islam sebagai pusat ekonomi Islam global.

Selama berlangsungnya acara, peserta diskusi tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan himpunan organisasinya, tetapi juga terlibat dalam diskusi interaktif dan sesi tanya jawab yang memperkaya wawasan dan pemahaman mereka tentang ekonomi syariah khususnya di pembahasan investasi syariah. Perwakilan dari setiap kelompok yang terbagi juga  diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan sebelumnya. Keberhasilan penyelenggaraan acara Diskoria & Networking Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam bidang ekonomi syariah. Dengan demikian, visi Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi Islam global pada tahun 2045 dapat tercapai.

Share :