Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Sabtu (20/7/2024) telah dilaksanakan workshop Bedah CV sebagai bagian dari rangkaian acara Accounting Building Career Development Festival 2024 (ABCD Fest) dengan mengusung tema SEEDS Summit (Strategic Auditing, Effective Communication, Career Visioning, Development CV Crafting). Acara ini diadakan dengan tujuan utama untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyusun CV yang menarik dan profesional, sehingga mereka dapat bersaing lebih kompetitif di dunia kerja. Workshop ini dilaksanakan secara offline di Ruang Bursa Efek Jakarta (BEJ), Lantai 4, UPN “Veteran” Jakarta dan dihadiri oleh sekitar 23 peserta yang terdiri dari mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta dan 5 orang tamu undangan dari internal UPN ‘Veteran’ Jakarta. 

ABCD Fest 2024 adalah sebuah festival tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta. Festival ini bertujuan untuk memberikan berbagai pelatihan dan seminar yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswa. Salah satu acara unggulannya pada tahun ini adalah workshop Bedah CV karena relevansi dan manfaat praktisnya dalam persiapan karir.

Ketua Program Studi S1 Akuntansi Andy Setiawan, S.Pd, M.Ak dalam sambutannya mengapresiasi usaha Panitia ABCD Fest 2024 yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara ini. Beliau mengatakan “Kami dari prodi S1 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta merasa bahwa memang perkuliahan yang dilaksanakan di kampus masih belum cukup mengakomodir kebutuhan temen-temen terutama resources skill. Oleh karena itu kami berkoordinasi dan bekerja sama dengan himpunan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan yang fokusnya adalah pengembangan resources skill” Ujar Andy. Ketua HIMA S1 Akuntansi Saudara Jagad Satrio Hussein menyampaikan bahwa ABCD Fest 2024 merupakan bagian dari komitmen mereka untuk terus mendukung pengembangan karier mahasiswa melalui berbagai kegiatan edukatif dan inspiratif. “Hari-kehari dunia kerja itu semakin ketat persaingannya dan salah satu pertimbangan dalam dunia kerja yang mana HR itu untuk melihat profil kita pertama kali melalui CV. Oleh karena itu, pentingnya workshop ini dirasa sangat berguna bagi mahasiswa S1 Akuntansi guna bisa memperbaiki CV-nya sehingga bisa bersaing di dunia kerja kedepannya”.

Setelah sambutan-sambutan tersebut, Ketua Pelaksana ABCD Fest 2024 Eyglus Nabby Habakuk Djuniarta memberikan laporan kegiatan. ABCD Fest 2024. Tema dari ABCD Fest 2024 adalah SEEDS Summit (Strategic Auditing, Effective Communication, Career Visioning, Development CV Crafting). Satu per satu kegiatan menggambarkan faktor keberhasilan, baik bagi kegiatan ini maupun bagi peserta, setiap kegiatan menggambarkan pupuk, air, sinar matahari sebagai faktor berhasilnya suatu benih. Diharapkan pelaksanaan ABCD Fest dapat memberikan hasil dan peluang yang berguna untuk mengembangkan value diri. Sebelum memasuki sesi utama, MC membacakan CV dari pemateri yang akan memberikan workshop. Pemateri kali ini adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam bidang rekrutmen dan pengembangan karier dan saat ini berprofesi sebagai Mid-career Diplomat Ministry of Foreign Affairs. Yakni Marisa Febriana Wardani. Dengan latar belakang yang kuat, pemateri ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga kepada para peserta.

Sesi penyampaian materi membahas mengenai promosi diri melalui CV serta tips untuk tahapan penting pada wawancara. Sesi ini dimulai dengan membahas apa arti CV secara konsep, bentuk, format, dan visual. Selanjutnya, pembicara menyampaikan aspek utama dalam proses recruitment, tujuan menyusun CV, dan informasi dasar tentang diri pada CV. Beliau menyampaikan bahwa informasi dasar mengenai diri pada CV penting dicantumkan secara lengkap.

Keunggulan dalam CV dapat dilihat pada keywords (CV ATS), world play, dan foto terbaru. Selanjutnya, dalam  ingin apply CV ke perusahaan pastikan untuk melakukan research pada perusahaan yang akan kita apply membutuhkan CV dalam bentuk creative atau ATS. Pembicara menyampaikan bahwa CV dapat dinilai sebagai aspek utama dalam proses interview, walaupun CV dibuat dengan berbeda-beda tetapi intinya adalah  menyampaikan promosi diri.

Selanjutnya, pembicara menyampaikan Frequently Asked Question (FAQ)  pada wawancara. Pertama yaitu “Tell me about yourself” saat melakukan interview. Kedua, Tell me your strength and weakness. Ketiga, “What do you want to apply” motivasi yang mendasari kita berminat untuk apply baik pekerjaan atau beasiswa. Pertanyaan yang sering diajukan seperti mengapa perusahaan harus menerima kita untuk mendapatkan beasiswa/pekerjaan yang kita lamar. Keempat, “Why should we hire/pick you?” pertanyaan ini diajukan untuk menilai seberapa besar antusiasme kita pada posisi dan perusahaan yang kita lamar, selain itu kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan menunjukan keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan recruiter.

Selain menyampaikan materi, pembicara melakukan review CV yang sudah dipilih sebelumnya sebanyak 2 CV. Selama sesi ini Beliau melakukan review untuk CV ATS dan CV Creative. Review dilakukan dengan menilai bagaimana komponen-komponen dalam CV yang ditampilkan. Penilaian berupa ketepatan penjelasan dan pertimbangan apakah bagian yang di review sudah sesuai. Penjelasan yang diberikan oleh pembicara juga meliputi tips dan saran praktis untuk memperbaiki dan mengoptimalkan CV. Misalnya, untuk CV ATS, pembicara menyarankan cara menyesuaikan kata kunci dengan deskripsi pekerjaan.

Acara selanjutnya adalah latihan interview, dua peserta akan dipilih untuk melakukan latihan interview. Sebelum melakukan sesi interview, beliau melihat terlebih dahulu CV dari peserta.  Selama sesi ini pembicara mengajukan pertanyaan-pertanyaan wawancara dengan mengacu pada CV dari interview. Feedback yang didapatkan dari pembicara pada latihan interview ini adalah mengenai jawaban dari interview mulai dari pengalaman yang relevan, pertanyaan-pertanyaan umum, menilai bagaimana interview menjawab pertanyaan dengan percaya diri, dan sikap yang dilihat selama sesi interview.

Share :