Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Senin (8/7/2024) Himpunan Mahasiswa D3 Perbankan dan Keuangan FEB UPNVJ mengadakan seminar Business Financial Career and Workshop (BFCW) dengan mengangkat tema “Upgrade Your Profile For The Future Career Development”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Rektorat UPNVJ – Ruang Bhineka Tunggal Ika, dengan jumlah partisipan offline sebanyak 110 orang, dan online melalui zoom sebanyak 79 orang yang dihadiri dari berbagai kampus dan Sekolah Menengah Atas. Seluruh partisipan seminar diarahkan untuk mengisi absensi untuk kemudian diarahkan mengisi bangku yang tersedia.

Seminar dibuka dengan semangat oleh Master of Ceremony yaitu, Feronica Helen dan Silvia Khoirunnisa yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Penampilan memukau dari DKP Tari yang membawakan Tari Lenggang Nyai menjadi pemanis acara pada awal kegiatan ini.

Dalam kesempatan yang sama Indah Putri Jamanti selaku Project Officer dan Mochamad Tubagus Ikhsan selaku Ketua Umum HIMAPRODIKAP menyampaikan pesannya kepada seluruh partisipan agar selama berjalannya acara diharapkan dapat kooperatif dan aktif serta menyimak setiap materi yang akan dipaparkan. Kery Utami, S.E, M.Si selaku Kaprodi D3 Perbankan dan Keuangan juga menyampaikan hal sama dalam kesempatannya ketika menyampaikan kata sambutan.

Pemaparan pertama dibawakan oleh Habibul Faudi yang membawakan materi mengenai CV dan persiapan diri seperti apa yang harus dikembangkan untuk menghadapi interview saat melamar pekerjaan. Habibul juga memberikan penjelasan yang detail mengenai pengembangan akun linkedin sebagai salah satu forum mencari pekerjaan dan banyak perusahaan mencari calon pekerjanya di platform tersebut. Sesi pemaparan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang menjadi bukti bahwa partisipan mendengar dan menyimak materi yang diberikan dengan baik dan hikmat.

Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Dany Ariyanto yang membawakan materi lebih spesifikasi lagi mengenai banking, memperkenalkan asal mula kata Bank yang ternyata berasal dari bahasa Italia yakni “banco” yang berarti bangku. Dany juga memberikan penjelasan mengenai keadaan banking saat ini dan tak lupa menyebutkan daya saing saat ini.

Dany Ariyanto juga memberikan penjelasan mengenai berbagai jabatan yang ada di dunia perbankan, serta memperkenalkan banyak sekali perusahaan bank. Berbagai keterampilan yang dibutuhkan di bidang perbankan seperti keahlian teknis, pemahaman teknologi finansial, banyaknya literasi keuangan, kemampuan microsoft office, memiliki gaya komunikatif efektif dan masih banyak lagi yang dipaparkan oleh Dany Ariyanto. Dengan gayanya yang lugas Dany Ariyanto juga memberikan kiat – kiat untuk sukses versi dirinya sendiri.

“Berbuat salah tentu bukan kesalahan, tetapi jadikan kesalahan sebagai pembelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan” ujar Dany sebagai penutup dalam pemaparannya. Sama seperti sesi sebelumnya diberikan waktu untuk sesi tanya jawab yang tentunya disambut aktif oleh partisipan.

Kegiatan diakhiri dengan sesi games melalui aplikasi quiziz yang didalamnya mencakup seluruh materi yang telah dipaparkan. Diberikan juga hadiah kepada partisipan dengan point terbanyak juga kepada partisipan dengan kandidat ‘pemberi pertanyaan terbaik’ sebagai apresiasi untuk kemudian dilakukan foto bersama sebagai penutup.

Secara garis besar seminar ini berjalan dengan baik dan mendapat timbal balik yang aktif, penyampaian materi yang menarik dan partisipan yang aktif menjadi perpaduan yang hebat selama berjalannya acara.

Share :