Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (6/7/2024) Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi telah menyelengarakan Workshop yang membahas mengenai Mewujudkan Gemilang Kreativitas Mahasiswa dan Mencapai Kemampuan dalam Momentum Penulisan Artikel Ilmiah yang Lebih Terstruktur. Dengan tujuan membangkitkan semangat motivasi serta menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penulisan Artikel Ilmiah. Acara yang diselenggarakan khusus untuk seluruh mahasiswa aktif D3 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta dan diselenggarakan secara offline Auditorium Bhinneka Tunggal Ika (BTI)

Acara utama pada kegiatan ini adalah memberikan ilmu baru dan bimbingan terkait penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan pedoman yang berlaku. Sebelum itu, para peserta juga telah mengumpulkan seluruh hasil karya tulis mereka, kemudian narasumber akan mereview karya-karya tersebut dan memilih 3 terbaik sebagai Karya Tulis Ilmiah pada hari itu dan memberikan reward yang telah disiapkan oleh panitia.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars Himada yang dipandu oleh MC. Acara disambung dengan sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi D3 Akuntansi Diploma Tiga, Masripah, SE, MS. Ak, CPSAK hadir memberikan apresiasi atas berlangsungnya acara yang disambut antusiasme peserta, beliau mengungkapkan ”Kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah ini sangat penting untuk mendukung mahasiswa yang mengikuti lomba menulis, menghasilkan karya-karya ilmiah diluar perkuliahan. Coaching Clinic ini juga dapat membantu mahasiswa membuat laporan Praktik Kerja  Lapangan (PKL), Tugas Akhir, dan laporan kegiatan lainnya” Ujarnya. Lalu dilanjutkan sambutan oleh Ketua HIMADA UPN Veteran Jakarta 2024 dengan ungkapan harapan ”Adanya Coaching Clinic ini adalah untuk menambah ilmu dan gambaran bentuk Artikel Ilmiah yang baik”, serta sambutan akhir oleh Ketua Pelaksana Coaching Clinic yang berharap bahwa setelah selesai acara ini para peserta mendapat ilmu baru  yang bermanfaat.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi dari narasumber yang telah memiliki berbagai pengalaman mengenai kepenulisan. Narasumber sekaligus penguji tersebut ialah Dewi Darmastuti, S.E., M.S.Ak selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UPN Veteran Jakarta.

Dewi Darmastuti menyampaikan bahwa ”Pentingnya karya ilmiah didasarkan kejujuran dan integritas, disusun secara sistematis dengan metode yang sesuai dengan ketentuan penulisan”. Adapun materi  yang disampaikan berisi tips dan trik dalam meyusun Karya Ilmiah yang dirangkum secara ringkas namun penting. Yaitu mencangkup karakteristik karya ilmiah, jenis-jenis dan metode yang digunakan, struktur, etika penulisan yang baik, serta apa yang perlu dilakukan dan dihindari dalam penulisan karya ilmiah. Ini bertujuan agar memastikan bahwa karya ilmiah yang dihasilkan berkualitas dan dapat dipercaya kebenarannya.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi Coaching dan diskusi mengenai artikel yang telah dikumpulkan sebelumnya. Narasumber melihat dan menilai hasil artikel tiap kelompok serta memberikan masukan terkait artikel ilmiah tersebut. Sehingga peserta bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas artikel mereka.  Kemudian dilanjutkan dengan sesi pengumuman 3 pemenang artikel terbaik yang dipilih oleh penguji serta narasumber, serta 3 peserta penanya terbaik.

Acara yang dimulai sejak pagi tadi disambut antusias oleh para peserta. Hal ini juga menjadi acuan para panitia tetap bersemangat menjalani kegiatan tersebut. Pemaparan materi yang menarik memberikan semangat bagi peserta. Para peserta aktif berdiskusi dalam bertukar pendapat, menciptakan suasana penuh semangat dengan antusiasme untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan, hingga pada penghujung acara yang ditutup dengan sesi foto bersama.

Share :