Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Kegiatan Fullday Peningkatan Akreditasi Jurnal di Lingkungan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UPN ”Veteran” Jakarta. Kegiatan hari kedua ini diadakan pada hari Sabtu (29/6/2024) sejak pukul 08.00 WIB. Kegiatan yang diselenggarakan di RA Suites Simatupang ini berlangsung selama dua hari. Fullday Peningkatan Akreditasi Jurnal ini diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Muhammad Anwar Fathoni, Lc, MA, CDIF.

Muhammad Anwar menyebutkan bahwa kegiatan ini diadakan untuk memfokuskan para pengelola jurnal supaya dapat menyelesaikannya di hari Jumat dan Sabtu ini. ”Hari kedua ini diharapkan para anggota tim melakukan paparan dari hasil kerja selama dua hari ini dan bagaimana tindak lanjut dari para anggota tim jurnal” Ucap Muhammad Anwar Fathoni.

Agenda selanjutnya yaitu paparan dari Dr. Ranila Suciati, SE, MM, CFP. selaku anggota tim Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Beliau mengatakan bahwa perjalanan jurnal di EKOBIS ini dibantu oleh anggota tim lain yang ada di tim Jurnal Ekonomi dan Bisnis. ”Alhamdulillah tampilan kita di EKOBIS sudah memakai Bahasa Inggris karena tujuan kita adalah ke SINTA 2 atau SINTA 1” ucap Ranila selaku tim Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Paparan kedua berasal dari tim Jurnal Accounting Student Research Journal (ASRJ) yang diwakili oleh Bapak Agus Maulana, S.Pd., M.S.Ak. Beliau menyebutkan bahwa untuk terbitan bulan September, Jurnal ASRJ sudah memiliki 3 artikel yang sedang di proses untuk diterbitkan. ”Karena fokus kita akreditasi, kita fokus untuk mencari editor dan reviewer” Ucap Bapak Agus Maulana. Paparan ketiga berasal dari Tim Jurnal Islamic Economics and Business Review (IESBIR) yang diwakili oleh Bapak Fadhli Suko Wiryanto, S.Pd., M.Si., CDIF. Beliau mengatakan bahwa IESBIR sudah menerbitkan 8 Artikel sampai bulan April. “Kami merasa Namanya IESBIR masih kurang spesifik dan mengenai kelembagaan, IESBIR sudah bermitra dengan AFSI” Ucap Bapak Fadhli.

Paparan selanjutnya berasal dari Husnah Nur Laela Ermaya, SE, MM, Ak, CA , CGP. Selaku Tim Jurnal Equity. Beliau mengatakan bahwa Jurnal Equity juga memahami apa yang menjadi kekurangannya, salah sataunya mengenai Reviewer. Paparan selanjutnya adalah Tim Journal of Islamic Economics and Finance Studies (JIEFeS) yang diwakili oleh Ibu Lili Puspitasari, S.E.I., ME. “Untuk JIEFeS artikelnya sudah full Bahasa Inggris dan sudah di sitasi jurnal Scopus juga sebanyak empat kali” Ucap Ibu Lili. Paparan selanjutnya berasal dari Tim Journal Of Development Economic And Digitalization (JDED) yang diwakilkan oleh Ibu Indri Arrafi Juliannisa, SE, ME. Beliau mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menajdi concern di tim Jurnal JDED. “Awal terbit dari Agustus 2022 dan hanya ada 5 terbitan karena memang hanya untuk internal dan mahasiswa” Ucap Ibu Indri.

Paparan selanjutnya berasal dari Tim Veteran Economics, Management and Accounting Review yang diwakili oleh Ibu Dewi Darmastuti, SE, M.S.Ak. Beliau mengatakan bahwa terbitan yang bulan Maret akan di hide dulu karena ada masalah di penomerannya. “Nilai Self Evaluation kita berada di SINTA 3” Ucap Ibu Dewi. Paparan terakhir dari Tim Journal of Young Entrepreneurs yang diwakilkan oleh Airlangga Surya Kusuma, SE, M.Sc. Beliau mengatakan bahwa Tim Jurnal of Young Entrepreneurs ini fokus dalam membenahi beberapa hal untuk bersiap menghadapi Akreditasi 2025. Kegiatan ini ditutup dengan arahan dari Ibu Dr. Jubaedah, S.E., M.M selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Beliau mengucapkan terima kasih kepada para anggota Tim Jurnal di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. ”Semoga Jurnal di lingkungan FEB ini semakin baik kedepannya dan siap menghadapi Akreditasi di tahun 2025” Ucap Ibu Jubaedah.

Share :