Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ”Veteran” Jakarta mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Skill Dosen Dalam Pengolahan Wilayah Berbasis Geografic Information System (GIS). Kegiatan yang diadakan pada hari Jumat (14/06/2024) ini diselenggarakan di Ruang 201 Gedung Soepomo Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ”Veteran” Jakarta. Workshop yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Jubaedah, S.E., M.M. Workshop ini turut serta mengundang dua narasumber yaitu, Bunga Ludmila ,ST., M.M., Ph.D (Can) dan Fathulloh, ST., M.Kom.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Dr. Jubaedah S.E., M.M. Beliau mengatakan bahwa ini merupakan Salah satu komitmen Program Studi untuk meningkatkan skill dosen atau mahasiswa. ”Semoga ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat untuk mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan skill agar menghasilkan penelitian yg terbaik” Ucap Jubaedah selaku Dekan. Selanjutnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Program Studi Ekonomi Pembangunan, Indri Arrafi Juliannisa, S.E., M.E. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini berguna untuk menambah wawasan dan juga dapat membuat dosen agar tidak berada di zona nyaman. ”Banyak software berbasis ekonomi yang berguna supaya judul penelitian bisa lebih beragam”.

Agenda selanjutnya adalah paparan dari narasumber yang pertama, yaitu Ibu Bunga Ludmila ,ST., M.M., Ph.D (Can). Beliau memaparkan mengenai SIG dan Big Data. Beliau turut mengatakan bahwa yang memiliki Data Besar adalah Kementerian dan dari Open Source Maps tadi kita dapat melihat perkembangan suatu wilayah dari tahun ke tahun. Agenda selanjutnya adalah paparan dari narasumber yang kedua, Fathulloh, ST., M.Kom. Beliau memaparkan mengenai Big Data Spasial. Beliau menyebutkan bahwa data yang dimasukan oleh surveyor dapat langsung dipantau progressnya melalui Dashboard dan WebGIS. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis kepada narasumber.

Share :