Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FEB UPNVJ) kembali mencatatkan prestasi gemilang di kancah akademis. Salah satu mahasiswanya, Rahmat Panji suryo Nugroho mahasiswa program studi D3 Perbankan dan Keuangan Angkatan 2022, berhasil meraih Juara 1 dalam kompetisi esai tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Prodi Analisis Keuangan Program Sarjana Terapan Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia.

Kompetisi esai ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia. Rahmat panji berhasil mencuri perhatian dewan juri dengan esainya yang berjudul ” Penjamin Simpanan di Era Digital Meningkatkan Aksesibilitas di Wilayah Tertinggal “. Dalam esai tersebut, Rahmat menyampaikan Tentang Peran penting Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam menjaga stabilitas keuangan dan kepercayaan publik terhadap system perbankan di Indonesia, khususnya dalam konteks era globalisasi dan digitalisasi. Pada Penulisan Essai ini Fokus Utama rahmat yaitu bagaimana Tantangan aksesibilitas layanan perbankan diwilayah tertinggal,terdepan,dan terluar (3T) serta bagaimana inovasi teknologi seperti blockchain,layanan perbankan digital,kecerdasan buatan(AI) dan Pembelajaran mesin (Machine Learning) dapat membantu mengatasi tantangan tersebut. “Selain itu juga saya mengambil beberapa studi kasus dan juga pembelajaran dengan mengambil contoh sukses dari dua negara yaitu Kenya dengan Lembaga penjamin Simpanan nya dengan nama (M-Pesa) dan India dengan nama Lembaga penjamin Simpanan (PMJDY) serta bukti inisiatif program dari Lembaga penjamin simpanan dalam negri seperti Laku Pandai dan Bank Wakaf Mikro” jelas Rahmat. “Didalam program tersebut menunjukkan bahwa teknologi dapat secara efektif meningkatkan inklusi keuangan di daerah terpencil.Selain Itu juga saya memasukkan pengalaman saya datang ke Lembaga Penjamin Simpanan yang ada di dalam negeri khususnya di Indonesia kedalam Essai saya” Lanjut Rahmat.

Cerita awal mula Rahmat mengikuti Lomba Essai yang di selenggarakan oleh Universitas Kristen Indonesia yaitu pada saat Rahmat mengawasi/melakukan Riset Penilaian terhadap kinerja Departemen Akademisi di organisasi HIMAPRODIKAP pada saat salah satu staff/ketua divisi departemen Akademisi ingin mengirim selembaran perihal lomba banking competition 2024. Kemudian Rahmat melihat daftar perlombaan yang akan di selenggarakan salah satunya perlombaan (Essai) yang menurutnya sesuai dengan kemampuannya yaitu membuat karya tulis. Rahmat langsung mendaftarkan dirinya ke dalam perlombaan tersebut. Lalu Rahmat dimasukkan ke group Dosen Pendamping yang sudah di persiapkan oleh Kaprodi-Nya. Rahmat mendapatkan Bimbingan dan Pengarahan tentang bagaimana Essai sesuai dengan tingkatan perguruan tinggi karena Rahmat merasa masih belum memahami pembuatan Essai yang cocok untuk tingkat perguruan tinggi itu seperti apa. Di dalam perlombaan tersebut ada beberapa seminar yang harus Rahmat ikuti mulai dari seminar Bank Indonesia (BI),dan Lembaga Penjamin SImpanan (LPS), dan juga tahap seleksi

Rahmat sendiri mengaku sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian ini. ” Terima kasih atas kesempatan untuk menyusun esai ini. Dalam proses ini, saya belajar banyak tentang pentingnya inovasi teknologi dan kolaborasi untuk mengatasi tantangan aksesibilitas layanan perbankan di wilayah 3T. Saya berharap esai ini dapat memberikan wawasan berharga dan mendorong upaya lebih lanjut dalam meningkatkan inklusi keuangan dan stabilitas ekonomi di Indonesia. ” ungkap Rahmat.

Dengan pencapaian ini, tim mahasiswa FEB UPNVJ tidak hanya membawa pulang penghargaan, tetapi juga mengangkat nama baik universitas di kancah nasional. Semoga prestasi ini menjadi awal dari banyak kesuksesan lainnya di masa depan. Selamat kepada mahasiswa FEB UPNVJ atas prestasi yang membanggakan ini!

Share :