Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 telah berlangsung Seminar Nasional dengan tema “Strategy and Competitive, Key to Success in World Class Export-Import”. Kegiatan ini berlangsung secara offline di Auditorium Auditorium Tanah Airku Lantai 5  Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta, Cinere Limo yang dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ. Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber dari General Manager PT Olak Kemang Logistik, Bapak Ir. Harry Purwoko MM, MBA, CSLP, ESLog dan Head of Supply Chain PT Propan Raya, Bapak Tenaka Budiman, ST, MM, ASCM, CSLP, ESLog.

Acara ini dimulai pada pukul 09.40 WIB diawali dengan pembukaan dan doa yang dipimpin oleh MC. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Kemudian selanjutnya merupakan sambutan dari Bapak Prof. Dr. A. Heri Iswanto, SKM, MARS. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa dalam dunia bisnis yang terus berkembang dan semakin kompetitif, memiliki strategi yang tepat dan keunggulan kompetitif menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan yang dimana dalam konteks export-import strategi tersebut mencakup berbagai aspek mulai dari pemahaman regulasi internasional, pengetahuan preferensi pasar, hingga kemampuan dalam membangun hubungan yang kuat dengan mitra bisnis luar negeri. Serta disambung dengan sambutan oleh Ibu Dienni Ruhjatini, SE.,MM, selaku Sekretaris Program Studi Manajemen Program Sarjana dan peresmian seminar. “Harapan saya, dengan adanya kegiatan ini nanti kedepannya akan terus berjalan bahkan lebih baik lagi,” Ujar Ibu Dienni Ruhjatini, SE.,MM.

Setelah sambutan dan peresmian seminar dilaksanakan, seminar ini dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan plakat kepada Bapak Ir. Harry Purwoko MM, MBA, CSLP, ESLog selaku Narasumber 1 serta Bapak Tenaka Budiman, ST, MM, ASCM, CSLP, ESLog selaku Narasumber 2. Acara dilanjutkan dengan pengenalan tema dan narasumber dipandu oleh Bapak Ariya Primindra, S.Ip, MM selaku moderator.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Bapak Tenaka Budiman, ST, MM, ASCM, CSLP, ESLog selaku narasumber pertama pada pukul  WIB dengan judul “Export-Import of Propan Raya”. berdasarkan paparan yang disampaikannya, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Propan Raya sudah ke beberapa negara maju dan berkembang seperti Myanmar, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Maldives. Alur pengiriman ekspor pada Propan Raya tersebut dimulai dari International Business Development (IBD)menerima Purchase Customer kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Sales Order oleh IBDdan pembuatan PO STO ke Container Warehouse Handling (CWH), setelah itu goods issue oleh CWH. selanjutnya yaitu penerbitan DPPB (Dokumen Pemindahan/Pengeluaran Barang) yang kemudian dikirimkan ke IBD, baru setelah itu CWH akan menyiapkan dan mengecek barang, loading barang, hingga pengiriman barang. Lalu CWH akan mengirimkan email data final kepada IBD, maka IBD akan melakukan goods issue.

Setelah selesai penyampaian materi dari narasumber pertama, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Bapak Ir. Harry Purwoko MM, MBA, CSLP, ESLog dengan tema “Strategy and Competitive, Key to Success in World Class Export-Import”. Berdasarkan paparan yang disampaikannya, didapatkan informasi kondisi pelayaran dan container warehouse terbesar, dimana Shanghai China dengan pengiriman total container sebesar 42 juta dan 25 juta pada rute inti, tingkat perkembangan yang dimiliki yaitu mencapai 4,4%. kegiatan ekspor impor di Indonesia memiliki sedikit perbedaan pada bagian kepabeanan, prosedur ekspor menjadi lebih mudah dibandingkan impor, hal ini dikarenakan Indonesia ingin melakukan perlindungan terhadap sumber daya yang dimiliki dan untuk menjaga kestabilitasan tingkat kelangkaan.  

Share :