Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Di tengah kesibukan mahasiswa/i dalam mempersiapkan diri menjelang UAS, kegiatan non-akademik Arganta Samahita tidak berhenti begitu saja. Arganta Samahita terus bergerak secara aktif untuk mendukung perkembangan organisasi secara internal maupun eksternal. Kali ini Arganta Samahita akan melaksanakan program kerja kedua dari Komisi II, yakni Studi Banding.

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa FEB UPN “Veteran” Jakarta periode 2024 telah menyelenggarakan Studi Banding bersama dengan Badan Perwakilan Mahasiswa FEB Universitas Indonesia pada hari Sabtu, 25 Mei 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara offline di Kampus FEB Universitas Indonesia. Kegiatan Studi Banding ini dihadiri oleh Badan Pengurus Harian serta Staf Ahli dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa FEB UPN “Veteran” Jakarta dan Badan Perwakilan Mahasiswa FEB Universitas Indonesia yang diikuti 104 partisipan. Studi Banding ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Tujuan dari kegiatan Studi Banding MPM FEB UPN Veteran Jakarta ini adalah untuk menjalin hubungan serta sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran antara MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan BPM FEB Universitas Indonesia. Setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan para BPH dan Staf Ahli MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan BPM FEB Universitas Indonesia dapat saling mengenal dan terbangunnya komunikasi yang baik serta mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas untuk melaksanakan tugasnya sebagai badan legislatif.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan juga Genderang Universitas Indonesia yang dipandu oleh MC dan dilanjutkan dengan doa pembuka.

Dilanjutkan dengan kegiatan sambutan yang diawali oleh Indra Darmawan Putra selaku Ketua Umum MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta. “Saya berharap studi banding ini dapat memperkuat hubungan dalam menjaga reputasi mahasiswa di semua universitas, terutama dalam bagaimana kita menjalankan peran legislatif di masing-masing universitas.”

Fariz Ahmad selaku Ketua BPM FEB Universitas Indonesia 2024 dalam sambutannya menyampaikan bahwa Meskipun perbedaan itu sangat besar, justru perbedaan itulah yang kita cari karena dari perbedaan  kita bisa saling bertukar wawasan. Dengan bertukar wawasan, kita dapat membangun organisasi kita menjadi lebih baik kedepannya.

Dalam sambutan Shendy Ferdianto selaku Ketua pelaksana Studi Banding MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta 2024 “Mengharapkan studi banding ini dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan dalam menjalankan program-program organisasi.”

Lalu Vasya Putri Andari selaku Ketua Pelaksana Studi Banding dari BPM FEB Universitas Indonesia “Mengharapkan studi banding ini dapat memperluas kerja sama dan pemahaman yang baru.”

Selanjutnya acara memasuki kegiatan Presentasi KOMBIR MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan BPM FEB Universitas Indonesia. Presentasi KOMBIR dilakukan oleh masing masing Ketua Biro/Komisi MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan Ketua Badan/Komisi BPM FEB Universitas Indonesia.

Pada presentasi masing-masing kombir, dapat disimpulkan bahwa susunan kepengurusan legislatif tiap universitas pasti berbeda. BPM FEB UI memiliki kesan sedikit kompleks karena berbentuk layak nya partai politik sedangkan MPM FEB UPNVJ nampak lebih simple dan mudah untuk diingat.

Setelah sesi Presentasi KOMBIR yang dilakukan oleh masing masing Ketua Biro/Komisi MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan Ketua Badan/Komisi BPM FEB Universitas Indonesia dilanjutkan dengan sesi Diskusi KOMBIR dan Sharing Session sesuai kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia. Masing-masing biro/komisi dari MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan Ketua Badan/Komisi BPM FEB Universitas Indonesia langsung berbaur sesuai kelompok yang sudah ditentukan.

Dalam diskusi KOMBIR ini, seluruh Komisi dan Biro dari MPM FEB UPN “Veteran” Jakarta dan BPM FEB Universitas Indonesia membahas program kerja, permasalahan dan saling memberikan solusi dari kendala yang ada. Beberapa diskusi menghasilkan insight baru diantaranya,

  • Alur persuratan yang ada antara MPM dan BPM,
  • Aplikasi pendukung pembuatan desain,
  • Birokrasi Keuangan, hingga
  • Kasus yang ada antara Badan Legislatif dan Badan Eksekutif.

Berbagai aktifitas dilakukan di FEB UI ini diantaranya setelah sharing session dilakukan Kampus Tour, Sesi Games yang bertujuan dapat mempererat keakraban, kemudia acara ditutup dengan penyerahan plakat 2024 sebagai Tanda terima kasih atas ketersediaan BPM FEB Universitas Indonesia untuk hadir di acara Studi Banding 2024

Share :