Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada Sabtu (25/5/2024) Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) USEFUL Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta sukses menyelenggarakan DIKLAT EKONOMI ISLAM KSEI USEFUL 2024 dengan tema “Membangun Perekonomian Indonesia yang Berkah Melalui UMKM yang Halal”. Acara ini bertempat di Gedung Husni Tamrin 306 FEB UPNVJ dan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 11.56.

Kegiatan ini menghadirkan Budiman Indrajaya selaku CEO URUN-RI, sebagai pemateri utama dan dipandu oleh moderator Muhammad Irsyad Fadhilah. Dalam pemaparannya, Budiman menyoroti berbagai permasalahan ekonomi yang masih melanda Indonesia, meski negara ini kaya akan sumber daya alam dan manusia. “Penyebab utamanya adalah faktor manusia itu sendiri, selain sistem yang belum sempurna dan maraknya kasus penipuan dalam transaksi ekonomi. Perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri, terutama generasi muda,” ujarnya. Beliau menyampaikan pentingnya perubahan bertahap yang harus dimulai dari individu, terutama generasi muda.

Sesi Focussed Group Discussion (FGD) yang dimulai pada pukul 10.45 menjadi ajang bagi para peserta untuk berdiskusi lebih mendalam. Kelompok-kelompok peserta memaparkan hasil diskusi mereka, yang kemudian dibahas dalam sesi tanya jawab. Diskusi ini memberikan wawasan tambahan mengenai bagaimana UMKM halal dapat menjadi pilar utama dalam membangun perekonomian yang berkah dan berkelanjutan.

Acara ini dihadiri oleh 38 peserta yang terdiri dari panitia dan peserta. Di penghujung acara, dokumentasi dan pemberian sertifikat kepada pemateri dan moderator menjadi penutup yang manis. Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk memulai langkah kecil dalam mendukung perekonomian Indonesia yang lebih berkah dan berkelanjutan melalui UMKM halal.

Share :