Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Minggu (19/5/2024) telah berlangsung program kerja FEB On The Street dengan tema “Make Our Memories” yang dilaksanakan di Kampung Pemulung Ragunan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Sosial Masyarakat BEM FEB UPN “Veteran” Jakarta Periode 2024 yang bertujuan untuk menangani masalah sosial terkait pendidikan dan kekerasan fisik dan seksual yang dihadapi oleh anak-anak jalanan. Kegiatan yang dilaksanakan pukul 09.00 – 12.25 WIB ini dihadiri oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta, Panitia FEB On The Street, Perwakilan dari Yayasan Indonesia Hijau, dan anak-anak sekolah Yayasan Indonesia Hijau.

Tujuan dari kegiatan FEB-On The Street adalah untuk memberikan pengajaran kepada anak-anak kurang beruntung yang ada di Kampung Pemulung Ragunan agar mereka dapat memiliki berbagai bekal ilmu dari beberapa pelajaran penting yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pendidikan Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum terkait Bela Negara, guna menanamkan Rasa Cinta Tanah Air di dalam diri mereka. Selain ketiga pendidikan tersebut, program kerja ini juga memberikan edukasi terkait kekerasan fisik dan seksual agar mereka bisa menjaga diri mereka di luar sana. Dalam kesempatan ini BEM FEB UPN “Veteran” Jakarta memberikan sosialisasi dan edukasi yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat melalui program kerja FEB-On The Street, dan program ini telah menjadi pintu peluang kesempatan untuk membangun masa depan para anak jalanan yang lebih baik kedepannya dan terhindar dari berbagai risiko permasalahan sosial serta kekerasan yang mengancam mereka.

Dalam Sambutannya, Fadhil Alfarisi Selaku Ketua BEM FEB UPNVJ menyampaikan bahwa ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu memberikan bekal pendidikan kepada adik-adik di Kampung Pemulung, “Aku berharap semoga materi yang nanti disampaikan oleh kakak-kakak BEM FEB UPNVJ dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari oleh adik-adik sekalian.”, jelas Fadhil pada saat memberikan sambutan.

Selanjutnya masuk ke inti kegiatan yaitu pemberian materi matematika dasar, dimana pada materi ini adik-adik dibagi kedalam dua kelompok sesuai dengan jenjang pendidikannya, yaitu kelompok 1 untuk kelas 1 sampai 3 dan kelompok 2 untuk kelas 4 sampai 6. Untuk kelompok 2 pemberian materi dilakukan di mushola Atthoyibah yang berlokasi di samping sekolah Kampung Pemulung Ragunan, dan untuk pemberian materi kelompok 1 dilakukan di sekolah Kampung Pemulung Ragunan itu sendiri. Setelah pemberian materi matematika dasar, dilanjutkan dengan sesi Math Games tiap kelompok.

Setelah pemberian materi matematika dasar dan math games, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Bahasa Inggris. Sebelum pemberian materi Bahasa Inggris, adik-adik peserta tidak lagi dipisahkan menjadi dua kelompok dan kembali bersama di sekolah Kampung Pemulung Ragunan. Setelah pemberian materi bahasa inggris, dilanjutkan dengan sesi English Games yang sangat interaktif dan menyenangkan.

Pemberian materi dilanjut dengan materi pengetahuan umum yang terbagi menjadi materi Bela Negara terkait penerapan makna sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan pemberian edukasi pencegahan kekerasan seksual lewat gerakan dan lagu agar mudah diingat oleh adik-adik peserta.

Setelah semua rangkaian kegiatan FEB-On The Street selesai dilakukan, kegiatan dilanjut dengan sesi dokumentasi bersama seluruh panitia dan adik-adik peserta. Kegiatan kemudian ditutup dengan penutupan oleh MC. Demikianlah kegiatan FEB-On The Street dengan tema “Make Our Memories” yang dilaksanakan oleh BEM FEB UPNVJ 2024 yang sudah terlaksana dan berjalan dengan lancar.

Share :