Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – DONAKS1 1 2024 merupakan sebuah program kerja bakti sosial di bulan Ramadhan dengan konsep yang bernuansa kebersamaan, yaitu buka puasa bersama dengan anak-anak panti asuhan.  DONAKS1 1 2024 mengusung tema S1AK MENGABDI, BERBAKTI PADA NEGERI”. Tema ini memiliki makna mendalam yaitu semangat kolaborasi antara peserta acara dengan entitas atau kelompok relawan AKS1 dalam merayakan keberkahan bulan suci Ramadhan. Acara ini menggambarkan suasana yang penuh ketenangan dan keikhlasan, kami berbagi dan berbuka puasa bersama, meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada mereka yang kurang mampu atau terdampak secara sosial dan ekonomi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara peserta kegiatan, serta meningkatkan rasa kepedulian dan empati terhadap sesama.

Kegiatan DONAKS1 1 2024 dilaksanakan pada Sabtu, 30 Maret 2024 di Panti Asuhan Daarul Berkah Rahman Jakarta Selatan dengan total anak berjumlah 35 anak, Panitia DONAKS1 1 yang berjumlah 25 orang, Jagad Hussein dan Fahmi Adnan selaku Ketua dan Wakil Ketua HIMA S1 Akuntansi, serta Bapak Andy Setiawan, S.Pd., M.Ak., selaku Ketua Program Studi S1 Akuntansi. “Disini saya berterima kasih banyak kepada kalian sudah memberi kesempatan bagi kami untuk berbagi kebahagiaan bersama, berkumpul bersama dan buka bersama.” Ujar Aguinaldo

“Saya selaku ketua panitia Penyelenggara DONAKS1 2024 mengucapkan terima kasih kepada pihak Yayasan karena sudah mau menerima kami untuk menyelenggarakan acara DONAKS1 pada hari ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang telah membantu dalam penyelenggaraan acara ini. Tujuan kami menyelenggarakan acara ini, yaitu untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat dengan saling berbagi sehingga dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.”

“Mari kita ikuti acara ini dengan baik agar dapat berlangsung dengan lancar, dan kita dapat memetik manfaatnya.” ucap Desty.

Dilanjut dengan sambutan dari Ketua Program Studi, yaitu Bapak Andy Setiawan,  S.Pd., M.Ak pada pukul 16.06 – 16.09 dan dilanjut dengan sambutan dari pihak Panti Asuhan Daarul Berkah, yaitu Ustad Kahfi, dan doa bersama pada pukul 16.09 – 16.13. “Terima kasih saya ucapkan kepada Panti Asuhan Daarul Berkah Rahman sudah memberi kesempatan bagi kami, Mahasiswa S1 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta untuk berbagi kebahagiaan disini. Saya berharap banyak bibit-bibit calon mahasiwa UPN “Veteran” Jakarta disini”, ucap Pak Andy. Lalu, dibalaskan oleh sambutan Perwakilan dari Panti Asuhan Daarul Berkah Rahman, yaitu Ustad Kahfi.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Pihak Panti Asuhan Daarul Berkah, yaitu Aby Ridho Alamsyah. Ayat suci yang dibacakan oleh Pihak Panti Asuhan Daarul Berkah  adalah surah Al-Waqiah.

Dilanjut dengan games tebak-tebakan. Pada games ini, MC memberikan clue mengenai ciri ciri Nabi dan peserta akan menebaknya. Ada 5 soal dengan masing-masing 5 clue yang disampaikan dengan pertanyaan games pertama dimenangkan oleh Musthofa, pertanyaan kedua dimenangkan oleh Acha, pertanyaan ketiga dimenangkan oleh Lili, pertanyaan keempat dimenangkan oleh Farah, dan pertanyaan kelima dimenangkan oleh Iyang. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa perangkat alat sekolah yang berisi buku, pulpen, pensil, penggaris, dan penghapus. Games berjalan selama 15 menit. Setelah games tebak-tebakan, acara dilanjutkan dengan sharing session yang dipandu oleh MC. Sharing session ini dilakukan dengan menulis cita-cita dan keinginan para peserta di kertas dan dilanjutkan dengan menceritakan cita-cita yang telah ditulis ke depan. Ada 8 orang anak yang tepilih maju ke depan untuk menceritakan cita-cita nya. Setelah sharing session ini, acara dilanjutkan dengan bermain games tebak gaya yang dipandu oleh para panitia. Aturan bermain nya yaitu para panitia memperagakan gerakan yang sudah disiapkan oleh Divisi Acara dan para peserta akan berebut menjawab dengan angkat tangan terlebih dahulu lalu akan dipilih random oleh Divisi Acara untuk menjawab. Dari games tebak gaya ini terpilih 5 pemenang dan diakhiri dengan pembagian hadiah berupa coklat.

dilanjut dengan sambutan dari ketua HIMA S1 Akuntansi, yaitu Jagad Satrio Hussein “ Pertama-tama, marilah kita bersyukur kepada Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di acara DONAKS1 2024 ini dalam keadaan sehat walafiat.Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Panti Asuhan Daarul Berkah atas keramahan dan kemurahan hati mereka dalam memberikan waktu dan tempat untuk acara kita hari ini.”

Setelah semua rangkaian acara telah dilaksanakan, panitia mempersiapkan makanan dan minuman untuk buka puasa. Waktu telah menunjukkan waktu buka puasa, acara dilanjutkan membagikan snack dan makanan berat buka puasa oleh para panitia kepada seluruh peserta pada pukul 17.55 – 18.00. Setelah membaca doa, para peserta dan panitia berbuka bersama dengan snack dan makanan yang telah disiapkan, lalu sholat maghrib secara berjamaah dahulu  di  Panti Asuhan Daarul Berkah. Kegiatan buka puasa dan shalat maghrib berjalan selama 45 menit. Lalu, rangkaian  acara DONAKS1 1 ini ditutup dengan penutupaan oleh MC dan pembacaan Doa.

Share :