Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta sukses menggelar kegiatan Seminar Internasional The 3rd Jakarta Economic Sustainability International Conference Agenda (3rd JESICA 2023). Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 14 – 15 November 2023 yang bertempat di Auditorium Dr. Wahidin Sudirohusodo, UPN “Veteran” Jakarta.

Mengusung tema “Transformation Towards an Innovative Sustainable Economy” tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini yang ditandai dengan perubahan signifikan, antara lain kemajuan teknologi, perubahan iklim, penipisan sumber daya, kesenjangan sosial, dan ketidakpastian ekonomi. Hal tersebut disampaikan oleh Ibu Dr. Jubaedah, S.E., M.M dalam sambutannya yang mengatakan bahwa “This theme is highly relevant to the current conditions marked by significant changes, including technological advancements, climate change, resource depletion, social inequality, and economic uncertainty.” Sejalan dengan tema yang diusungkan, Rektor UPN “Veteran” Jakarta sekaligus sebagai Keynotes Speaker dalam kegiatan The 3rd JESICA 2023 menyampaikan dibutuhkan peran dari semua kalangan baik dari pemerintah, dunia usaha serta masyarakat untuk mendukung keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan sebagai komunitas global. “Governments, businesses, and individuals must work together to prioritize long-term environmental health while still promoting economic growth. With strategic planning and a collective commitment to change, we can create a sustainable future for generations to come” ucap Dr. Drs. Anter Venus dalam sambutannya.

Kegiatan seminar Internasional ini mengundang beberapa narasumber dari berbagai negara. Pada hari pertama, narasumber membawakan topik menarik yang disampaikan langsung dalam kegiatan ini, diantaranya:

  • Fachru Nofrian, Ph.D selaku Dosen Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia yang menyampaikan materi tentang “Industrialization and Challenges of  Sustainability”. Beliau menyampaikan bahwa industrialisasi di Indonesia jika kita melihat datanya, besarnya ilmu pengetahuan dan pendidikan, ukuran perusahaan, dan industri masih sangat lemah, dibandingkan dengan China dan India. Oleh karena itu, industrialisasi diperlukan untuk mencapai keberlanjutan. Tanpa itu, sulit mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Indonesia harus mendorong inovasi dan industrialisasi
  • Dr. Tan Eng Joo dari Singapore University of Social Sciences, Singapore menyampaikan materi tentang “Sustainability Developments in Singapore
  • Prof. Surajit Mazumdar dari Jawaharlal Nehru University, India menyampaikan materi tentang “The Crisis of Globalization and Sustainability

Setelah kegiatan seminar selesai dilanjutkan dengan Call for Papers yang dilaksanakan pada siang hari. Pada hari pertama kegiatan Call for Papers dihadiri oleh 8 pemakalah dari berbagai instansi perguruan tinggi diantaranya peserta internal dari UPN “Veteran” Jakarta, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Pembangunan Jaya, dan Universitas Jambi.

Kegiatan Seminar Internasional The 3rd Jakarta Economic Sustainability International Conference Agenda (3rd JESICA 2023) dilanjutkan pada hari kedua yang berlangsung pada hari Rabu, 15 November 2023 yang bertempat di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, UPN “Veteran” Jakarta.

Share :