Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Rabu (11/10/2023) telah selesai dilaksanakan EDC Business Festival dengan mengusung tema “Optimalisasi Bisnis Dengan Bisnis Digital” yang diselenggarakan oleh KSM Enterprise Development Center, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. EDC Business Festival dilakukan secara offline. EDC Business Festival (EBIFEST) memiliki tiga (3) serangkaian acara yakni National Business Seminar, Business Plan Competition dan Business Expo.

National Business Seminar dilaksanakan di Auditorium Wahidin Sudirohusodo, Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta. Acara berlangsung dari pukul 10.00 – 15.00 WIB dengan jumlah partisipan sebanyak 55 orang, yang dihadiri oleh mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta. National Business Seminar dibuka dan dipandu oleh perwakilan dari divisi Acara dan divisi humas, yaitu Elgiva dan Reynaya tepat pada waktu yang ditentukan. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FEB yaitu Praptiningsih, SE., MM., Kelompok Studi Mahasiswa Enterprise Development Center yaitu Ridho Badawi, dan Project Officer National Business Seminar yaitu Raqul Achmad, serta penampilan akustik solo vokal yaitu Thazkia Firly dan Fary Ardiansyah.  Acara berlanjut dengan pembacaan CV narasumber dan pemaparan oleh narasumber pertama yaitu Muhammad Arsy Muqorobbin, B. Sc. Narasumber memaparkan materi dengan pokok pembahasan “Memulai dan mempertahankan bisnis ala Rockologist di era 4.0” dan menyampaikan bahwa “Sadari Kapasitas Dengan Berani Delegasi Untuk Memperbaiki Fundamental Bisnis (4 Pilar MGT) Dan Ikuti Pertumbuhan Perusahaan Dengan Kapasitas Diri Yang Ada”. Narasumber merupakan sarjana ilmu manajemen UII, Pertukaran Semester di Sol Bridge University Korea Selatan dengan focus Kewirausahaan. Narasumber juga seorang pengusaha ahli dalam bidang branding, pemasaran, penjualan, dan copywriter. Selain itu, sebagai CEO dari Rockologist mulai dari tahun 2015 hingga sekarang, yakni usaha yang bergerak dalam bidang berlian alami. Narasumber juga membangun kemitraan dengan Alvin Fauzie, Fani Atmanti, Felicia budi, Damn ilove indonesia.

Narasumber kedua adalah Coach Yoso Lukito. Narasumber memaparkan materi dengan pokok pembahasan “Mengupas Strategi Bisnis Berkelanjutan dengan Digital Marketing 4.0” dan menyampaikan bahwa “Untuk para UMKM jika menggunakan website untuk bisnis, harus memiliki website yang cepat dibuka”. Coach Yoso Lukito merupakan lulusan LGE Changwoon University, Korea Selatan, tahun 2001. Yang mengkhususkan diri dalam inovasi Six Sigma dan Manufaktur. Narasumber telah meraih sertifikasi Google Certified dalam Web Analytics pada tahun 2013, menunjukkan komitmen pada pengetahuan digital. Dan karir narasumber di Perusahaan terkemuka telah berlangsung selama 18 tahun, seperti Perusahaan PT. TELKOMSEL, LG Electronics, dan PANASONIC, dengan fokus pada bidang Marketing, Enterprise Business, dan Supply Chain. Narasumber merupakan sekaligus Founder Sekolah Digital Bisnis Indonesia yang telah mencetak lebih dari 10.000 alumni di seluruh Indonesia sejak tahun 2019. Narasumber juga berperan sebagai CEO NAHLA Cosmetics, PT. DEJITARU MANAGEMENT, dan VOSTEL.MEDIA, dengan fokus pada pemasaran digital, menunjukkan kesuksesannya di dunia bisnis digital.

Narasumber ketiga adalah Dr. Miguna Astuti, S.Si, MM., CPM., CIRR dengan memaparkan materi dengan pokok pembahasan “Branding yang Berkesan  dengan Membangun dan Mempertahankan Citra Merk yang Kuat” dan menyampaikan bahwa “ Fore Coffee” merupakan sebuah startup kedai kopi yang mengintegrasikan toko offline dan aplikasi online. Adanya penggunaan sistem referral, customer dapat mengajak teman- temannya untuk membeli produk Fore Coffee dengan potongan harga pada produk tertentu dengan syarat memposting produk tersebut di sosial media pribadi konsumen. Strategi tersebut merupakan contoh marketing 4.0”. Narasumber merupakan dosen UPN “Veteran” Jakarta yang memiliki gelar doktor dan magister dalam manajemen dari Universitas Padjajaran. Narasumber memiliki sertifikasi dalam pemasaran internasional dan metodologi penelitian dari Institut Markplus, dan sebagai Pendiri dan Direktur Global Learning Center (GLC), yang menyediakan konsultasi dalam statistik, pendidikan, pemasaran, manajemen strategis, dan TI. Narasumber telah berkontribusi dalam bidang penelitian dan pelayanan masyarakat dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Dan berhasil menerbitkan artikel dan Buku Nasional serta Internasional.

Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat bermanfaat dan menarik sehingga para peserta pun terlihat nyaman memperhatikan materi yang disampaikan. Forum diskusi menjadi sesi yang ditunggu oleh para peserta setelah menyaksikan pemaparan. Para peserta berbondong-bondong untuk mengajukan pertanyaan untuk memahami lebih jelas tentang materi yang disampaikan, terdapat enam orang peserta yang mengajukan pertanyaan kepada para pemateri.  Acara pun berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Time keeper pun dilakukan oleh divisi acara agar acara terlaksana sesuai waktu yang telah ditetapkan.

CSetelah pemaparan materi  dan sesi tanya jawab berakhir, MC mengumumkan pemenang Business Plann Competition yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dan acara juga dimeriahkan dengan penampilan solo vokal dari Sepiana Anwar. Lalu acara ditutup oleh MC dan panitia memberikan link absensi untuk diisi oleh peserta sebagai syarat penerimaan sertifikat.

Share :