Accounting in Tech Company: Is There Any Significant Difference?

Oct 26, 2020

Seminar Nasional Akuntansi 2020 merupakan salah satu rangkaian acara ACCRUAL yang diadakan rutin setiap tahun dan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 (HMJ AKS1) dengan tujuan mengembangkan pengetahuan bagi para mahasiswa terkait akuntansi dan proses auditing di perusahaan teknologi.

Tema yang telah diangkat pada acara Seminar Nasional Akuntansi 2020 yaitu “Accounting in Tech Company: Is There Any Significant Difference?”. Kata yang diambil dari tema sendiri berasal dari kosakata Bahasa inggris yang berarti akuntansi di perusahaan teknologi, apakah ada perbedaa yang signifikan?. Pembahasan materi diisi oleh dua narasumber yakni ibu Rahelyna Mairing (Vice President Finance and Compliance at KitaBisa.com) dan bapak Rachman Gifar, M.For. Accy., CPA (Audit Managing Partner KAP Gifar & Ambri group of ProReliant). Tema yang dibahas terkait dengan bagaimana akuntansi pada perusahaan teknologi yang bergerak di bidang crowdfunding, utamanya donation crowdfunding yang diisi oleh ibu Rahelyna Mairing dan perbedaan pada proses audit di perusahaan teknologi yang diisi oleh bapak Rachman Gifar.

Seminar Nasional Akuntansi 2020 ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 yang diikuti oleh 166 peserta melalui platform virtual zoom meeting. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan membaca do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar acara ini dilancarkan, lalu dilanjutkan dengan membacakan tata tertib peserta.

Setelah pembacaan tata tertib peserta, dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta ibu Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA. Setelah itu, dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari ketua pelaksana acara yakni Ridha Nur Azizah Miriyanto dan pemutaran video transisi ACCRUAL 2020.

Setelah pemutaran video transisi ACCRUAL 2020, dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang dipimpin oleh ketua divisi dokumentasi. Selanjutnya yakni pembacaan Curriculum Vitae (CV) moderator ibu Ayunita Ajengtiyas Saputri Mashuri, S.E., M.Acc., M. Com., CAAT. oleh MC sekaligus penyerahan acara dari MC kepada moderator. Acara inti dimulai dan dibuka dengan perkenalan dan pembacaan CV narasumber Rahelyna Mairing oleh moderator. Dilanjutkan dengan pemberian materi dengan topik “Accounting in Crowdfunding (Tech Company)” oleh ibu Rahelyna Mairing yang berisikan tentang bagaimana akuntansi di perusahaan teknologi yang bergerak di crowdfunding seperti KitaBisa.com dan bagaimana perbedaannya dengan perusahaan konvensional pada umumnya.

Setelah materi pertama selesai, dilanjutkan dengan review materi oleh moderator dan sesi tanya jawab yang langsung dipimpin oleh moderator. Setelah sesi tanya jawab materi pertama selesai, dilajutkan dengan pembacaan CV narasumber kedua yaitu bapak Rachman Gifar, M.For. Accy., CPA.

Acara dilanjutkan dengan materi kedua yakni dengan topik “Special Auditing Process in Tech Company” oleh bapak Rachman Gifar, M.For. Accy., CPA yang membahas mengenai auditing process pada startup atau tech company. Tentang bagaimana perbedaannya dengan perusahaan pada umumnya, dimana perbedaan tersebut terletak pada risiko audit pada perusahaan teknologi dan startup. Kemudian dilanjutkan dengan review materi dan sesi tanya jawab yang dipimpin langsung oleh moderator.

Sebelum acara ditutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan. Setelah itu, pengumuman penanya terbaik selama sesi tanya jawab berlangsung oleh MC. Demikian rangkaian acara kegiatan Seminar Nasional Akuntansi 2020 ditutup oleh MC pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 pada jam 12.25 – 12.58.