Dr. Miguna Astuti, S.Si.MM.,CPM

Lektor

Experience & Activities

Dr. Miguna Astuti, S.Si.,MM.,MOS.,CPM.,CIRR . adalah Dosen yang memiliki kepakaran dibidang Manajemen Pemasaran, pemasaran digital, stratejik dan kewirausahaan. Yang bersangkutan telah berpengalaman sebagai dosen selama 15 tahun dan mendalami bidang tersebut selama kurang lebih 11 tahun dengan menghasilkan berbagai karya publikasi berupa artikel jurnal nasional dan internasional, buku dan hak cipta. Sesuai kepakarannya, yang bersangkutan telah menjalani penugasan sebagai reviewer Penelitian dan Pengabdian di berbagai jurnal nasional dan internasional, editor buku nasional, serta sebagai Reviewer Pengabdian pada LPPM UPN Veteran Jakarta. Yang bersangkutan juga diberi penugasan sebagai editor substantif penyusunan dan penerbitan buku, dan sebagai asesor BNSP untuk bidang pemasaran, strategi serta pemasaran digital. Pengalaman manajerial di dunia akademisi antara lain sebagai International Office of Faculty, Kepala program studi S2, Sekertaris Program Studi S2, Gugus kendali mutu Prodi S1 Manajemen, Dosen Kordinator Rumpun Pemasaran, Dosen Konsultan dan Dosen Ambasador. Pengalaman manajerial di dunia industri antara lain sebagai manajer operasional, manajer pemasaran, dan direktur pemasaran regional asia. Dalam menunjang kepakaran, yang bersangkutan memiliki sertifikasi sebagai Editor Buku dari BNSP, Microsoft speasialis (MOS), Sertifikasi Pemasar Profesional (CPM), dan Sertifikasi Reviewer Riset (CIRR).

 

Pendidikan

  • S1 : MIPA Universitas Padjajaran (2000-2005)
  • S2 : Manajemen Universitas Padjajaran (2005-2007)
  • S3 : Manajemen Universitas Padjajaran (2012-2017)
  • Pendidikan Lainnya : Microsoft Office Specialist (MOS) – (2016)
    Certified Professional Marketer CPM) – (2019)
    Certified International Research Reviewer (CIRR) – (2022)

 

Publikasi

 

Publikasi Buku          

  1. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Lembaga Penerbit UPN Veteran Jakarta, 2018
  2. Perilaku Organisasi, Lembaga Penerbit UPN Veteran Jakarta, 2018
  3. Pengantar Manajemen Pemasaran, Penerbit Deepublish, 2020
  4. Langkah Praktis Untuk Membantu Penyusunan Laporan Penelitian (Skripsi dan Tesis), Penerbit Deepublish 2020
  5. Digital Marketing, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung 2020
  6. Buku Supply Chain Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif UMKM, Penerbit Deepublish 2020
  7. Buku Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media, Deepublish 2020
  8. Book Chapter Strategi Pemasaran: UMKM Dan Pandemi Covid-19, Deepublish 2021
  9. Book Chapter: Keunggulan Kompetitif UMKM Naik Kelas, Deepublish 2021
  10. Buku Referensi : Buku Strategi Pemasaran Digital dan Perilaku Teknologi pada Society 4.0 , Deepublish 2022
  11. Manajemen Ritel: Konsep dan Strategi, Deepublish 2023
  12. E-Marketing: Konsep dan Transformasional Digital, Deepublish 2023

 

Publikasi Jurnal        

  1. Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Pada Produk Mie Instan Lemonilo). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi) Vol. 6 No.2 Tahun 2023
  2. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Konvensional Dan Digital Dari Pedagang Pakaian Pasar Poncol Jakarta Pusat Pada Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 12 No. 02, Februari 2023, Pages: 203-213
  3. Pengaruh Social Media Marketing, Word Of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Nwansa Coffee. Jurnal Ikraith-Ekonomika Vol 7 No 2 Juli 2024.
  4. Peningkatan Kinerja Pengelolaan Bank Sampah Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Wilayah Kelurahan Limo Depok. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 6 (2) Tahun 2023
  5. “Efikasi Diri, Kepuasan Kerja, Pengembangan Karir Dan Perilaku Kewargaan Organisasional Pada Guru” Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 6(1), 41-60.\
  6. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic Covid-19”. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika No 2 Vol 5 Hlm. 157-166 2022.
  7. “The Effect Of Brand Experience, Brand Satisfaction, Brand Trust And Brand Loyalty Users Of Janji Jiwa Coffee Application (Jiwa+)”. Vol. 2 No. 6 (2022): Vol. 2 No. 6 (2022): December | International Journal Of Business, Technology And Organizational Behavior (Ijbtob)
  8. “Rantai Pasok Pemasaran Produk Kelompok Tani Di Era Pandemic Covid-19 Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen”
  9. “Keputusan Pembelian Produk Laptop Acer di Era Covid-19”. IKRAITH-EKONOMIKA No 1 Vol 5 Maret 2022
  10. “Manajemen Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Sociopreneur Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Wilayah Limo Depok”,Vol. 2 No. 4 (2022): Terbitan Kedelapan-November 2022 Jurnal Abdimas Indonesia
  11. “Akselerasi Pengembangan Wirausaha “Dapurkana” Melalui Digitalisasi dengan Penerapan Katalog WA Bisnis dan Perencanaan Konten Media Sosial”,Vol 2 No 6 (2022):JAMSI – November 2022
  12. “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Salon Aura Depok Dalam Menghadapi Era New Normal Pandemi Covid-19” Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juli-Desember 2022).
  13. “The Effect of Digital Marketing Mix Strategy on Marketing Performance Through the Implementation of Customer Relationship Management MSME 4.0 DKI Jakarta” International Journal of Business, Technology and Organizational Behavior (IJBTOB) Vol. 2 No.4 Hlm. 381-396.
  14. “Examining Factors Influencing Intention to Use E-Wallet in Indonesia” 7th Sriwijaya Economics, Accounting, and Business Conference (SEABC 2021) hlm. 388-393
  15. “Pengembangan Usaha Bagi Griya Ukm Cinere Melalui Pembuatan Bunga Akrilik” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.5 (2) hlm. 631-642
  16. “Rantai Pasok Pemasaran Produk Kelompok Tani Di Era Pandemic Covid-19” Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.13 (1) hlm.1-8
  17. “Keputusan Pembelian Produk Laptop Acer di Era Covid-19”. Jurnal IKRA-ITH EKONOMIKA No 1 Vol 5 Hlm. 1-9 Maret 2022.
  18. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic Covid-19”. Jurnal IKRA-ITH EKONOMIKA No 2 Vol 5 Hlm. 157-166 2022.
  19. “Contemporary Research on Business and Management”. International Seminar of Contemporary Research on Business and Management (ISCRBM 2020) Jilid 1 Hlm. 187-190 (2021)
  20. “Analisis Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia”, Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6 (9), 4523-4533 (2021)
  21. “Analisis Kepuasan Nasabah Mobile Banking Pada Bank BCA” Jurnal Teknologi dan Manajemen 19 (2), 55-66 (2021)
  22. “Analisis Kinerja Pemasaran UMKM Produk Olahan Singkong di Wilayah Lebak-Banten”, Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis 4 (2), 331-342. (2021)
  23. 23. “Peran Citra Merek Dan Harga Dalam Keputusan Pembelian Jasa Ranahcreative Di Jabodetabek” Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 14 (1), 29-40. (2021)
  24. “PKM Pemasaran Sosial Media Berbasis Mobile Dalam Rangka Membantu Keterbatasan Ruang Gerak Selama Pandemi Covid-19”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (2), 520-530. (2021)
  25. “Peningkatan Profit Kelompok Wanita Pagoda Ditengah Pandemi Covid-19 Melalui Pemasaran Sosial Media Berbasis Mobile”. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 4 (1) (2021)
  26. “Financial Performance Analysis on Micro, Small, and Medium Enterprises of Cassava Product in Cibadak, Lebak Regency”, Jurnal Economia, Vol. 16, No. 2, October 2020, 257-268.(2020)
  27. “Minat Beli Konsumen Atas Produk Sepeda Motor Yamaha MIO M3 Studi di Wilayah Kota Jakarta Selatan”, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 8 No. 3, 2020 pp. 271-280
  28. “Kepuasan Konsumen Sunyi House of Coffee and Hope”, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 8 No. 3, 2020 pp. 249-260
  29. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Ritel Hypermart”. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) jilid 1 hlm. 667-682.
  30. “Supply Chain Management in SMEs, Pandeglang Regency, Banten”, InternationalJournal of Multicultural and Multireligious Understanding Vol.7 No.4 Hal. 364-370.
  31. “Peran Korea Wave, Lifestyle Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree”, Business Management, Economic, And Accounting National Seminar Volume 1, 2020
  32. “Keputusan Pembelian E Commerce Shopee”, Business Management, Economic, And Accounting National Seminar Volume 1, 2020
  33. “Keputusan Pembelian J. Co Donuts & Coffee Di Transmart Cilandak” Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) jilid 1 hlm.632-642
  34. “Analisis Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Singkong pada IKM Kelompok Wanita Pagoda Kecamatan Cibadak Lebak Banten”, Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) Vol. 1 Hal. 12-29
  35. “Aplikasi Streaming Music Spotify: Harga, Citra Merek, Minat Beli”, Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi I
  36. “Orientasi Pasar dan Inovasi Pada UMKM Kuliner di Margonda: Implikasinya Pada Kinerja Pemasaran”. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi I
  37. “Analisis Perpindahan Merek (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Oppo Di Ciganjur, Jagakarsa)”, JIMT Vol.1, No.4 Maret 2020
  38. “E-Marketing Bagi Pelaku UMKM”, Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No.1 2020
  39. “PKM Peningkatan Kualitas Produk Olahan Singkong Bagi Kelompok Wanita Pagoda di Lebak – Banten”, 2019, personal community project.
  40. “Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner DKI Jakarta”, 2019, personal research project.
  41. “Analisis pemasaran usaha berskala mikro, kecil dan menengah di wilayah Lebak, Banten”, 2019, personal research project.
  42. “Pengaruh Iklan, Selebriti Pendukung Dan Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Terhadap Kesadaran Merek Pada Produk Mie Sedaap”, Vol. 11, No. 1, 2019
  43. “Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner”, Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi Uniat Vol 4 No 1 (2019).
  44. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner”, Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Vol 4 No 1 (2019).
  45. “Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan”, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Vol 20 No 1 (2019).
  46. “Peningkatan UKM Pakaian Jadi Di DKI Jakarta”, Jurnal Nasional MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), Volume 2 No.2 November 2018.
  47. “Local Economic Development Tourism Village on the slopes of Mount Merapi (Case Study in Balerante Village Community Kemalang District Klaten District)”, Scirj Volume VI, Issue XI, November 2018 Edition.
  48. “Analisis Nilai Tambah Pemasaran Produk Olahan Singkong”, 2018, personal project.
  49. “Marketing Strategy Of Leather Businesses With QSPM Method In Rangkasbitung District Lebak-Banten”, International Journal of Social Science and Economic Research, Volume 3 No. 11 (November 2018).
  50. “Resilience Analysis Of Creative Industries Marketing Performance Fashion Cluster In Depok City West Java, Indonesia”, International Journal Of Management And Business, Volume 6, Issue 11 (November 2018).
  51. “Program Kemitraan Masyarakat Pada Pengrajin Kerupuk Singkong di Desa Mekaragung Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten”, 2018, Institutional community outreach service done for Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
  52. “E-Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa Citeras Kec. Rangkasbitung Kab.Lebak-Banten”, 2019, Institutional community outreach service done for Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
  53. “Marketing Strategy Of Leather Businesses With QSPM Method In Rangkasbitung District Lebak-Banten”, International Journal of Social Science and Economic Research, Volume 3 No. 11 (November 2018)
  54. “Perilaku Organisasi”, Publisher UPN “Veteran” Jakarta, 2018
  55. “Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran”, Publisher UPN “Veteran” Jakarta, 2018
  56. “Komunikasi Bisnis”, Publisher UPN “Veteran” Jakarta, 2018 (Editor)
  57. “Pengantar Bisnis”, Publisher UPN “Veteran” Jakarta, 2018 (Editor)
  58. “Keunggulan Bersaing Bisnis Pendidikan Non-Formal Di Jakarta”, ISEI, Volume 7 No.1 Tahun 2017, ISSN 2089-3590. EISSN 2303-2472
  59. “Peningkatan Pengetahuan Akan Internet Marketing Sederhana Bagi UMKM Wilayah Cijantung”, Jakarta”, SENDIMAS, 24 October 2017 Kristen Maranatha University.
  60. “Keunggulan Bersaing Bisnis Pendidikan Non-Formal di DKI Jakarta”, SNaPP, 25-26 Oktober 2017 Universities Islamic Bandung .
  61. “Ibm Umkm Berbasis Akuntansi Aplikatif Wilayah Cijantung, Jakarta”, Seminar Nasional IX FE dan IKA, 11 November 2017 Universitas Terbuka
  62. “Customer Value, Customer Relationship and It’s Effect on Reputation of Courses in Jakarta”, International Journal Of Scientific & Technology Research, Volume 5, Issue 04, April 2016, ISSN 2277-8816
  63. “Asimetri Informasi Dan Manajemen Laba Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Bank Go Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2016, ISSN: 2599-283X (Online).
  64. “Business Strategy and Ethic Colliding in Private Educational Environment”, 1st Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies (GARCOMBS) 2012, 22-24 November 2012, Hotel Horison, Bandung.

 

Organisasi Profesi    

  1. Konsultan pemasaran & Dosen Ambassador Penerbit Deepublish
  2. Asesor BNSP bidang pemasaran, strategy dan pemasaran digital
  3. Trainer and consultation of Bulir Padi foundation (Pro Bono)
  4. Trainer Of Microsoft Office (Multimatics)
  5. Trainer of Oke Oce Jakarta Province
  6. Member Of ISEI Jakarta
  7. Member Of Dunia Dosen
  8. Member Of ISEI Indonesia
  9. Member OF Asian Marketing Federation
  10. Community Of Indonesia Marketing Association
  11. Member Of SGDs Indonesia
  12. Reviewer Of Jurnal Ekonomi dan Bisnis
  13. Committee Of Lembaga Kajian Ekonomi dan Bisnis
  14. Consultant Of PT Vidi Indo Disain
  15. Consultant Of UMKM & Kelompok Tani di Lebak Banten