Quick Contact

Dr. Muhammad Anwar Fathoni Lc., MA., CDIF.

Lektor

Experience & Activities

Muhammad Anwar Fathoni, Lc., MA., CDIF. adalah Dosen yang memiliki kepakaran dibidang perilaku konsumen dan keuangan mikro pada Industri Halal. Ia telah berpengalaman sebaggai dosen selama 6 tahun dan mendalami bidang tersebut selama kurang lebih 5 tahun dengan menghasilkan berbagai karya publikasi berupa artikel jurnal nasional dan internasional. Sesuai kepakarannya, yang bersangkutan telah berpengalaman dalam berbagai riset tentang perilaku konsumen pada kembaga keuangan syariah. Pengalaman manajerial secara struktural dengan penugasan sebagai Kaprodi Ekonomi Syariah (2018-2023) dan Wakil Dekan Bidang Akademik (2023-sekarang). Dalam menunjang kepakaran, yang bersangkutan memiliki sertifikasi bidang Islamic Commercial Law, Islamic Banking and Takaful, Islamic Capital Market, dan Accounting for Islamic Finance

Pendidikan

  • S1 : Al-Azhar University Cairo Egypt (2014)
  • S2 : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2017)
  • S3 :  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Publikasi : 

 

Publikasi Buku

  1. Budaya perusahaan dan kinerja pemasaran : studi komparatif Bank Muamalat dan BNI Syariah
  2. Buku ajar manajemen pemasaran Islam
  3. Manajemen investasi Syariah
  4. Buku Monograf: Kesadaran Konsumen Terhadap Makanan Halal di Indonesia
  5. Buku Monograf: Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pembelian Makanan Melalui Platform Digital di Indonesia
  6. Buku Ajar Ayat & Hadits Ekonomi

 

Publikasi Jurnal :

  1. Development of Thriving at Work and Organizational Citizenship Behavior Through Islamic Work Ethics and Humble Leadership (Q1)
  2. Konsep Pemasaran dalam Perspektif Hukum Islam (Sinta 2)
  3. The Impact of Corporate Culture on Marketing Performance (Sinta 2)
  4. Lindung Nilai (Hedging) Perspektif Islam: Komparasi Indonesia dan Malaysia (Sinta 2)
  5. Determinant of Consumer Awareness Toward Halal Food During the Covid19 Pandemic: Evidence from Indonesia (Sinta 2)
  6. Profit Loss Sharing (PLS) and Its Implementation in Indonesian Islamic Banking (Sinta 2)
  7. Community-Based Empowerment in The Perspective of Maqāṣid Al-Sharīʿa (Sinta 2)
  8. Determination of Islamic Capital Structure: A literature review (Sinta 3)
  9. Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan tantangan (Sinta 3)

 

Organisasi Profesi

  1. Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI)
  2. Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI)