Quick Contact

Dr. Maria Assumpta Wikantari, SS, MBA, CWM

Lektor

Experience & Activities

Dr. Maria Assumpta Wikantari, SS, MBA, CWM adalah Dosen yang memiliki kepakaran dibidang Manajemen Pemasaran, Bisnis, Stratejik dan Manajemen Penjualan. Yang bersangkutan telah berpengalaman sebagai dosen selama 14 tahun dan mendalami bidang tersebut selama kurang lebih 30 tahun sebagai praktisi dengan menghasilkan berbagai karya publikasi berupa artikel jurnal nasional dan internasional. Sesuai kepakarannya, yang bersangkutan telah menjalani penugasan reviewer Penelitian dan Pengabdian di berbagai jurnal nasional. Pengalaman manajerial di dunia akademisi dengan penugasan sebagai Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (2017-2019) di Universitas Indraprasta PGRI. Pengalaman manajerial di dunia industri antara lain sebagai manajer business development, manajer risk and compliance, manajer corporate sales di berbagai perusahaan multinasional dan sebagai konsultan penjualan (employee benefits consultant) di perusahaan anak dari salah satu Bank BUMN. Dalam menunjang kepakaran, yang bersangkutan memiliki sertifikasi bidang manajemen pengelolaan dan pengembangan aset tentang investasi CWM (Certified Wealth Manager).

 

Pendidikan

  • S1                                        : Program Sarjana Universitas Indonesia (1988)
  • S2                                       : Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (2005)
  • S3                                       : Program Doktor Universitas Pancasila (2013)

 

Publikasi

 

Publikasi Buku

  1. Perdagangan Luar Negeri. Penerbit Eureka Media Aksara. September 2024.
  2. Perkembangan Pemikiran dalam Ekonomi. Penerbit Eureka Media Aksara. Juni 2024
  3. Aliran-aliran Pemikiran dalam Ekonomi. Penerbit Eureka Media Aksara. 2023.
  4. Monograf: Studi Kelayakan Bisnis Lele Sangkuriang. Juni 2023. Bintang Semesta Media Yogyakarta. ISBN Cetak: 978-623-190-222-1. HAKI: EC00202366450, 12 Agustus 2023.
  5. Book Chapter: Manajemen Pemasaran (Tradisional vs Digital). Perlindungan Konsumen dalam Transaksi E-Commerce. Lakeisha. HAKI: EC00202515940, 5 Februari 2025.
  6. Book Chapter: Strategi Marketing (Penerapan dalam Berbagai Bidang). Strategi Marketing Dalam Sektor Perbankan. Lakeisha. HAKI: EC00202487311, 19 Agustus 2024.
  7. Book Chapter: Manajemem Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Kualitas Layanan pada Bisnis Ritel. Media Sains Indonesia. HAKI: EC00202410806, 30 Januari 2024.
  8. Book Chapter: Kewirausahaan (Kreativitas dan Inovasi Disruptif). Skema Usaha Waralaba. Media Sains Indonesia. HAKI: EC002023137967, 22 Desember 2023.
  9. Book Chapter: Manajemen Pemasaran (Perspektif Internet of Things). Brand Awareness, Brand Equity, dan Brand Loyalty. Media Sains Indonesia. HAKI: EC00202319257, 7 Maret 2023.
  10. Book Chapter: Manajemen Pemasaran (Perspektif Perilaku Konsumen). Diferensiasi Produk dan Aksesibilitas Layanan. Media Sains Indonesia. HAKI: EC00202270570, 30 September 2022.

 

Publikasi Jurnal

  1. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa FEB UKI dengan Media Sosial sebagai Variabel Moderasi pada Promosi.. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 5, No. 1 (2025).
  2. Pengenalan Kewirausahaan Digital di Pondok Pesantren Daarussalaam Kota Depok. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: BATASA: Bangun Cipta, Rasa, Karsa Vol. 3 Nomor 2
  3. The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image and Product Quality on Buying Interest in Vivo Smartphones in Jakarta. International Journal of Asian Business and Management (IJABM) Vol.3, No.5, 2024: 701-720.
  4. Smartphone Repurchase Decisions Mediated by Customer Satisfaction Quantitative Economics and Management Studies (QEMS) Vol. 5 No. 6 (2024). https://doi.org/10.35877/454RI.qems2935
  5. Development of Economic Independence of Persons with Disabilities through Literacy, Education and Marketing Digitalization Practices in Support of (Sustainable Development Goals (SDGs). Indonesian Journal of Society Development (IJSD) Vol.3, No.4, 2024: 277-286 (Agustus 2024).
  6. Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Sepatu New Hunteria Kota Depok). Jurnal Dharmawangsa, Volume 18, Nomor 2 (April 2024)
  7. Sosialisasi Penggunaan E-Wallet Pada UMKM Di Objek Wisata Situ Rawa Besar Kota Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No. 2 (1 April 2024).
  8. Segmenting, Targeting and Positioning Analysis of Platinum iB KPR Purchase Decisions with Murabahah Agreement Jurnal Ekonomi Islam Iqtishoduna Vol 13, No. 2. Oktober 2024.
  9. The Influence of Brand Image, Information Quality and Celebrity Endorsers on Purchasing Decisions on Instagram International Journal of Economics Development Research, Volume 5(2), 2024 pp. 743-757
  10. Analisis Determinan Digital Marketing terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction, Online Promotion dan Customer Experience sebagai Variabel Mediasi. International Journal of Economics Development Research, Volume 5(2), 2024 pp.758-775.
  11. Analyzing the Role of the Quadruple Helix in Improving MSME Management Performance. Journal Scientific Papers, Vol. 34 (1) 1794 (4 March 2024).
  12. Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Social Influence, dan Facilitating Conditions terhadap Behavioral Intention Pengguna Contactless Card. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854) Volume 7, Nomor 3, Maret 2024 (2911-2917)
  13. Pengaruh Service Quality, Price, dan Perceived Ease of Use terhadap Customer Satisfaction Pengguna Transportasi Online Maxim. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 7 No. 2 (2024).
  14. PKM Dosen Penerapan Strategi Marketing Melalui Analisis Data Penjualan UMKM di DKI Jakarta. Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Community Services e-ISSN: 2777-0567 p-ISSN: 2797-9717, Vol.3 No.3 September-Desember 2023.
  15. Strengthening Concern for the School Environment through Open Space Greening Activities Journal of Human and Education Volume 3, No. 2, Agustus 2023, pp 643-648. E-ISSN 2776-5857, P-ISSN 2776-7876
  16. Implementation of Islamic Religious Education Teacher Performance Monitoring at Junior High School. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 12 No. 2. Mei 2023.
  17. The Effect of Customer Reviews, Product Price, and Service Quality on Purchase Decisions with Moderated Brand Image in E-Commerce Applications. Jurnal Bisnis Strategi Vol. 32, No. 1, 2023 Year, pp. 92-101. Published by Department of Management, Faculty of Economics and Business. Universitas Diponegoro (p-ISSN: 1410-1246; e-ISSN: 2580-1171)
  18. The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decisions Moderated by Product Quality. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) Vol. 5. No. 2 July 2022. Page: 672-686. e-ISSN:2621-606X.
  19. Go-Food Digital Application and Its Role in Promotional Communication Strategy. International Journal Artificial Intelligence Research. Vol 6, No 1.2 (2022). https://ijair.id/index.php/ijair/article/view/586
  20. Opportunities and Challenges of Insurance Company on Creating E-Learning Application. SSRG International Journal of Economics and Management Studies, vol. 8, no. 7, pp. 93-98, 2021. https://doi.org/10.14445/23939125/IJEMS-V8I7P111.
  21. Kritik Ekonomi Pancasila Terhadap Fenomena Peningkatan E-Commerce di Indonesia Tahun 2020. Indonesian Journal of Finance and Strategy Inside. Vol. 1 No. 2 Mei – Agustus 2021. p-ISSN: 2797-9733. e-ISSN: 2777-0540
  22. Literasi Keuangan UKM Di Kota Depok. Indonesia Berdaya, 3(4) Agustus-Oktober 2022 743-748. https://ukinstitute.org/journals/ib
  23. Literasi Keberlanjutan terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Depok. Jurnal IKRATH-ABDIMAS Vol 6 No 2 Juli 2023. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2
  24. Manajemen Pemeliharaan Sarana UKS Di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Media Manajemen Pendidikan. Volume 5 No. 1 Juni 2022.
  25. Customer Loyalty Factors: The Influence of Brand Semiotics, Brand Marketing, Relationship Marketing, Customer Trust and Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR). Volume-6, Issue-6, pp-111-120. e-ISSN :2378-703X
  26. Strengthening Concern for the School Environment through Greening Open Space Activities. Journal of Human and Education, Volume 3, No. 2, 2023, pp 643-648. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/177.

 

Organisasi Profesi

  1. Anggota Certified Wealth Management Association (CWMA)
  2. Anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)