VISI PROGRAM STUDI S1 ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN

Pada tahun 2020 menjadi program pendidikan yang unggul dan profesional dalam pengembangan ilmu ekonomi publik, ekonomi regional dan ekonomi moneter di tingkat nasional yang menghasilkan lulusan berwawasan kebangsaan, berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan serta memiliki karakter bela negara dalam menghadapi era globalisasi.

 

MISI PROGRAM STUDI S1 ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu ekonomi pembangunan dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna lulusan dan kebutuhan pasar tenaga kerja.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan terapan keilmuan guna pengembangan di bidang ekonomi publik, ekonomi regional, dan ekonomi moneter yang dapat memberikan alternatif dalam pemecahan masalah perekonomian.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat terhadap daerah yang memiliki potensi untuk meningkatkan kepekaan dan pemahaman terhadap masalah sosial-ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan manajemen pendidikan yang berkualitas global berdasarkan tata kelola yang baik (good governace) serta tanggap terhadap perubahan lingkungan.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI S1 ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang profesional, inovatif, memiliki wawasan kebangsaan dan memiliki sifat bela negara.
  2. Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki integritas dan kualitas dalam bidang ekonomi, bisnis, keuangan, dan perbankan.
  3. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi dalam menganalisis masalah-masalah ekonomi dan menerapkan sifat- sifat teori ilmu ekonomi dalam kehidupan di masyarakat, berbangsa dan bernegara.
  4. Menghasilkan sarjana ekonomi mampu mengelola lembaga keuangan dan berentitas bisnis.
  5. Menghasilkan karya penelitian ilmiah dan terapan dalam bidang ilmu ekonomi yang dapat memberikan konstribusi terhadap pengembangan ilmu dan pemecahan masalah di masyarakat.
  6. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan berbasiskan potensi daerah dengan mengembangkan hubungan kerja sama dengan segenap lapisan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah sesuai dengan prinsip-prinsip seorang ekonom.
  7. Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki jiwa mandiri dan kewirausahaan guna pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN

  1. Menjadi tenaga analis ekonomi baik untuk kajian makroekonomi maupun mikroekonomi.
  2. Menjadi staff atau pegawai pemerintahan, pegawai BUMN/BUMS
  3. Menjadi tenaga advokasi lembaga swadaya masyarakat (LSM)
  4. Menjadi wirausahawan (enterpreuneur) yang mampu mendirikan, mengelola dan mengembangkan bisnis
  5. Menjadi analis ekonomi di perusahaan ataupun institusi penelitian dengan menggunakan kebijakan yang mengenali konteks sosial masyarakat, bangsa, dan ekonomi global dengan memanfaatkan iptek, sesuai dengan kaidah keilmuan dan etika professional
  6. Menjadi tenaga pendidik yang terkait dengan bidang ilmu ekonomi

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN

Kurikulum S-1 Ilmu Ekonomi Pembangunan