VISI PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH

Menjadi program studi yang terkemuka ditingkat nasional dengan menghasilkan lulusan yang inovatif dan berdaya saing serta memiliki berwawasan bela negara pada tahun 2020.

 

MISI PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan tenaga profesional di bidang Ekonomi Syariah sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar global.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan keilmuan dalam bidang Ekonomi Syariah dan memberikan alternatif pemecahan masalah sesuai dengan nilai-nilai keislaman.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu dan riset untuk mengintegrasikan aktivitas ekonomi dengan nilai-nilai keislaman.
  4. Mendorong terbentuknya lulusan yang berwawasan kebangsaaan dan berjiwa kepemimpinan serta kewirausahaan yang berbasiskan nilai-nilai Islam.
  5. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah yang menjadi rujukan dalam pengembangan ekonomi syariah.
  6. engembangkan kerjasama dan jaringan ekonomi syariah dengan berbagai stakeholders demi terwujudnya perekonomian nasional yang lebih baik.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang profesional, inovatif, memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara yang berakhlak Islami.
  2. Menghasilkan sarjan ekonomi yang memiliki integritas dan kualitas dalam bidang ekonomi, bisnis, perbankan dan keuangan Islam.
  3. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi dalam menganalisis masalah-masalah ekonomi dan menerapkan ilmu ekonomi syariah dalam kehidupan di masyarakat, berbangsa dan bernegara.
  4. Menghasilkan sarjana ekonomi mampu mengelola lembaga keuangan dan entitas bisnis syariah yang didasari prinisp-prinsip syariah.
  5. Menghasilkan karya penelitian ilmiah dan terapan dalam bidang ilmu ekonomi syariah yang dapat memberikan konstribusi terhadap pengembangan ilmu dan pemecahan masalah di masyarakat sesuai prinsip syariah.
  6. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan berbasiskan potensi daerah dengan mengembangkan hubungan kerja sama dengan segenap lapisan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah sesuai dengan prinsip-prinsip yang Islami.
  7. Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki jiwa mandiri dan kewirausahaan guna pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH

  1. Menjadi staf analis pada berbagai lembaga keuangan syariah dan non syariah seperti: bank, asuransi, pasar modal, jasa pembiayaan.
  2. Menjadi staf analis pada berbagai lembaga pemerintahan seperti di Kementerian, BUMN dan BUMD.
  3. Menjadi staf analis pada lembaga nirlaba (Ziswaf).
  4. Menjadi konsultan keuangan syriah dan peneliti pada lembaga riset.
  5. Menjadi tenaga pendidik yang terkait dengan ekonmi Islam
  6. Menjadi wirausahawan (enterpreuneur) yang mampu mendirikan, mengelola dan mengembangkan bisnis berbasis Islam.

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH

Kurikulum S-1 Ekonomi Syariah