Peluang dan Tantangan Usaha kreatif dengan Memaksimalkan Digital Marketing di Masa Pandemi

by | Oct 21, 2020

Pada hari Sabtu tanggal 17 Oktober 2020 telah berlangsung Webinar Kewirausahaan yang dilaksanakan atas kolaborasi antara HMJ Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta dengan Enterprise Development Center UPN Veteran Jakarta. Webinar Kewirausahaan ini bertemakan Peluang dan Tantangan Usaha kreatif dengan Memaksimalkan Digital Marketing di Masa Pandemi”. Sambutan pertama webinar ini diberikan oleh Eka Zuliana selaku ketua pelaksana Webinar Kewirausahaan, kemudian dilanjut dengan sambutan juga diberikan oleh Pak Muhammad Anwar Fathoni, Lc, MA. selaku Kepala Prodi Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta serta sambutan juga diberikan oleh Bu Indri Arrafi Juliannisa S.E., M.E. selaku Pembina dari Enterprise Development Center UPN Veteran Jakarta.

Pemateri pertama dalam Webinar Kewirausahaan adalalah Ibu Dewi Meisari Haryanti, SE, M.Sc, selaku Co-Founder dan Project Leader UKM Indonesia.id. Beliau pernah menjadi Director of UKM Center FEB UI, sekarang beliau juga menjadi Founding member of Indonesia Social Entrepreneurship Network (ISEN) dan masih banyak lagi. Beliau menyampaikan materi tentang Peluang melalui Digitalisasi UMKM. Banyak UMKM yang sulit naik kelas karena sulitnya modal dan pasar. Akibat dari masa pademi UMKM terdampak positif dan negatif, banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan omzet tetapi penjualan melalui digital mengalami penaikan. Ibu Dewi Meisari juga memberi motivasi untuk memulai sebuah usaha, jika kita sulit mencari ide, bantu orang disekitar kita yang mempunyai usaha untuk melakukan pemasaran.

Webinar Kewirausahaan ini terbuka untuk mahasiswa UPN Veteran Jakarta dan umum. Webinar Kewirausahaan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.45 WIB, setelah proses tanya jawab selesai dan kuis. Webinar Kewirausahaan kali ini berlangsung melalui platform Aplikasi Zoom Meeting dengan alasan praktis, mudah terintegrasi, memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan presentasi serta memudahkan komunikasi yang mana situasi saat ini masih berada dalam masa pandemi. Materi yang disampaikan sangat menarik, mudah dipahami, sangat informatif, bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnisnya serta dalam menjalankan bisnisnya menggunakan digitalisasi yang sedang berkembang. Mahasiswa juga mendaptakan motivasi dalam bisnis, jika gagal coba lagi dan jangan menyerah.Pemateri kedua dalam Webinar Kewirausahaan adalah Pak Akbar Singgih beliau merupakan Enterpreneur serta Founder-Gagal Punah. Beliau pernah menjadi Ceo-Polarisasi Group pada rahun 2013-2015, Owner-Akabe Food JKT tahun 2015 dan masih banyak lagi. Beliau memaparkan materi tentang berbisnis. Rumus berbisnis adalah niat, kita harus mempunyai niat dalam melakukan usaha. Untuk berbisnis tidak harus kuliah jurusan bisnis, kita bisa sukses tergantung kita bisa menghadapi kegagalan dan memulai lagi dari awal. Untuk berbisnis juga harus pintar dalam memasarkan usaha. Aplikasi yang digunakan Pak Akbar Singgih adalah tinder, walaupun aplikasi pencari jodoh tapi ternyata bisa menaikan omzet penjualan loh.