SEMINAR PENDIDIKAN

“Paradox of Industry 4.0”

 

Pada hari Senin 03 September 2018, pukul 09.00 WIB, BI Corner Study Club mengadakan sebuah seminar Pendidikan yang diperuntukan bagi mahasiswa di UPN “Veteran” Jakarta. Seminar Pendidikan ini mengungsung tema “Paradox of Industry 4.0” Seminar ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa mampu mengenali dan siap menghadapi Industry 4.0 dikemudian hari. Acara dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00.

Acara ini dibuka oleh Bapak Prasetyo Hadi, selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Peserta acara terdiri dari 250 orang dari berbagai jurusan dan fakultas. Narasumber yang dihadirkan merupakan praktisi dan pihak regulator. Praktisi yang kami undang merupakan CEO dari Ajaib.co.id yang bernama Anderson Sumarli. Beliau merupakan anak muda berprestasi yang telah mempelajari ilmu mengenai financial technology ke berbagai negara di dunia. Anderson menggambarkan bagaimana dampak nyata dari perubahan industry yang terjadi pada dunia praktek dari prespektif seorang yang memiliki bisnis startup. Banyaknya tenaga kerja yang telah digantikan oleh mesin atau alat yang memiliki kecerdasan artifisial, membuat kita sebagai mahasiswa harus mempersiapkan lebih banyak hal guna menangkap peluang bisnis tersebut.

Sedangkan pembicara kedua dari Bank Indonesia yaitu Bapak Yoga Munajat dan Bapak Rizky Utama. Mereka menjelaskan mengenai revolusi industry 4.0 dari sisi regulator. Dimulai dari sejarah, pembangunan ekonomi masa kini, apasaja inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah untuk menghadapi revolusi ini, perubahan yang terpengaruh dari berbagai macam teknologi dan lain sebagainya.

Acara pun dilanjutkan dengan tanya jawab. Banyak mahasiswa yang antusias, karena tertarik dengan materi ini serta para pembicara membawakan materinya dengan gaya penyampaian yang sangat mudah diterima oleh mahasiswa. Sehingga banyak sekali pertanyaan yang bagus diajukan kepada narasumber.

Acara berikutnya merupakan ice breaking, kami bermain kahoot, selain untuk penyegaran setelah lama mendengarkan seminar, games ini juga dirancang untuk mengetahui apakah para audience menyimak dengan baik atas materi yang disampaikan. Hasilnya sangat baik, seluruh audience sangat antusias.

Penutupan acara diselenggarakan dengan pemberian plakat serta sertifikat kepada pembicara,pemberian hadiah kepada penanya terbaik dan pemenang games kahoot dan sesi foto Bersama.

Sebelum pulang para peserta diminta untuk mengisi kuisioner secara online. Hasil dari kuisioner menunjukan bahwa sebagian besar peserta sangat puas dengan acara seminar ini.

 

Galeri Foto Kegiatan :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *