Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menyelenggarakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD)dengan tema “Panduan Sertifikasi Halal Pusat Studi Industri Halal Fakultas Ekonomi dan Bisnis”. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini diadakan pada hari Jumat (04/11/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh dua narasumber, yaitu Dr. Ira Geraldina, CA dan Siti Aminah, M.Pd.I. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta, Dr. Dianwicaksih Arieftiara S.E., M.Ak., CA., CSRS.

Ibu Dianwicaksih Arieftiara selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis memberikan sambutan sekaligus pembukaan pada kegiatan FGD ini. “Saya berharap implementasi dari kegiatan ini dapat memberikan dampak positif secara langsung ke masyarakat. Sehingga FGD mengenai panduan sertifikasi halal pusat studi industry halal ini merupakan sebuah langkah yang tepat” Ucap Ibu Dianwicaksih Arieftiara. Beliau juga menambahkan bahwa kepekaan mengenai halal atau tidak semakin tinggi.

Ibu Siti Aminah selaku Narasumber turut menyebutkan bahwa ada beberapa dasar hukum mengenai panduan sertifikasi halal. Salah satu dasar hukum itu adalah UU nomor 33 Tahun 2014 mengenai jaminan produk halal. Menurut beliau, setiap pelaku usaha berhak mendapatkan sertifikasi halal jika segala persyaratan sudah dilengkapi. Ibu Ira Geraldina yang hadir sebagai narasumber pada kesempatan kali ini menyebutkan bahwa ada beberapa faktor mengenai pengesahan tentang halal atau tidaknya suatu produk dan jasa. “Jika kita melihat kebutuhan sehari hari, makanan merupakan salah satu hal yang memang dicari ke-halal-an nya oleh konsumen” ucap Ira Geraldina selaku narasumber. Beliau menambahkan bahwa dimulai dari penyembelihan pengolahan hingga penyimpanan menjadi tolak ukur mengenai kehalalan suatu produk.

Share :