Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Hari kedua Eksyar Training telah dilaksanakan pada hari Sabtu 5 November 2022 yang diselenggarakan oleh Departemen Aspirasi dan Pengembangan, Divisi Litbang, Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Kegiatan Ini diselenggarakan secara luring di Auditorium Bhineka Tunggal Ika Gd. Jenderal Soedirman Lt.4 UPN Veteran Jakarta Terdapat 73 mahasiswa baru program studi Ekonomi Syariah yang hadir untuk mengikuti kegiatan Masa Bimbingan pada hari kedua. sebelum dimulainya kegiatan pada pukul 07.30 peserta Eksyar Training 2022 berkumpul di ubin coklat tepatnya di depan ruangan sekretariat Hima Ekonomi Syariah untuk mendapatkan giliran naik menuju Auditorium Bhineka Tunggal Ika yang dipandu oleh mentor masing masing dan mengisi absensi registrasi melalui google form dan juga mengumpulkan kado yang mereka bawa kepada mentor kelompoknya masing masing.

Selanjutnya pada pukul 08.15 kegiatan Eksyar Training 2022 dimulai melalui pembukaan oleh Faizul Amri dan Rizki Alam Syah selaku MC, Sebagai pembukaan dan membuat semangat peserta Eksyar Training 2022 MC menanyakan kabar dan memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menampilkan jargon masing masing, setiap kelompok sangat antusias untuk menampilkan jargon masing masing karena mereka ingin terlihat semangat untuk menjadi kelompok terbaik.

Materi ini dibawakan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa yaitu saudara Bilal Sukarno. Materi ini membahas bagaimana setiap individu untuk menjadi pemimpin terbaik bagi dirinya sendiri dan untuk orang lain, baik di dalam dunia organisasi kampus maupun diluar kampus dan juga sikap kepemimpinan di dunia pekerjaan. Setelah pemaparan materi dilanjutkan oleh sesi tanya jawab, pada sesi tanya jawab para peserta Eksyar Training 2022 sangat antusias untuk bertanya karena narasumber yang ada sangat kompeten dibidangnya.

Sesi tanya jawab berakhir dan pembicara pamit dengan closing statement untuk menjaga fokus dari peserta Eksyar Training pada pukul 09.43 dilakukan Ice Breaking yang dipandu oleh MC. Ice Breaking ini berupa hujan rintik rintik dimana peserta dalam kelompok melakukan kegiatan pemijatan kepada teman kelompoknya yang bertujuan untuk meregangkan badan yang selama sesi pemaparan materi duduk dengan tegak dan rapi.

Setelah melakukan ice breaking dan peserta sudah fokus kembali untuk mengikuti jalannya acara Eksyar Training 2022 maka pada pukul 09.51 masuk kepada pemaparan materi kedua yang bertemakan persidangan yang dibawakan oleh saudara Pandu Syahrul Maulana selaku ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM). Materi ini menjelaskan bagaimana sistem persidangan yang ada di dalam dunia kampus khususnya pada organisasi. Setelah pemaparan materi dilanjutkan oleh sesi tanya jawab, pada sesi tanya jawab para peserta Eksyar Training 2022 sangat antusias untuk bertanya karena narasumber yang ada sangat kompeten dibidangnya.

Sesi tanya jawab berakhir dan pembicara pamit dengan closing statement untuk mencairkan suasana dan memberikan hiburan kepada peserta Eksyar Training 2022 pada pukul 10.39 dilaksanakan sesi games. Pada sesi games ini bertemakan bola dalam kardus dimana setiap kelompok memberikan satu perwakilan untuk mengikuti games ini. Games ini mengharuskan perwakilan kelompok tersebut mengeluarkan bola yang ada di dalam kardus secara cepat untuk mengalahkan lawan dari kelompok lain. Dan pada pukul 11.10 setiap kelompok dipersilahkan maju untuk menampilkan yel-yel dan jargon yang telah mereka buat. Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan (isoma) pada pukul 11.46.

Setelah ishoma selesai maka dilanjutkan dengan agenda berikutnya yaitu simulasi birokrasi pada pukul 13.07. Dimana pada agenda ini setiap kelompok harus memaparkan hasil diskusi mereka untuk proposal yang telah dibuat pada Eksyar Training 2022 hari pertama. Sebelum memulai simulasi ini diberikan arahan oleh tim dari panitia acara mengenai mekanisme simulasi birokrasi. Terdapat dua sesi dalam simulasi birokrasi ini dimana pada pukul 13.15 untuk kelompok 1 sampai 4 dan pukul 14.15 untuk kelompok 5 sampai 8. Simulasi birokrasi ini bertujuan agar setiap peserta Eksyar Training 2022 memahami mengenai alur birokrasi untuk menjalankan setiap program kerja pada organisasi yang ada di lingkup Universitas Nasional Veteran Jakarta. Setiap kelompok diberikan waktu selama 45 menit untuk mendapatkan tanda tangan pada setiap pos yang telah ditentukan.

Selanjutnya evaluasi simulasi birokrasi yang dilakukan oleh saudara Hario dan Kahfi selaku perwakilan IKAES (Ikatan Alumni Ekonomi Syariah) dan Ketua Dewan Perwakilan pada pukul 15.17 WIB selama 10 menit. Evaluasi tersebut dilakukan untuk memberikan insight dan masukan terkait kegiatan simulasi birokrasi yang sudah dilakukan oleh peserta Eksyar Training.

Setelah itu ada penampilan dari Mahasiswa angkatan 2022 berupa penampilan menyanyi, senam poco-poco dan maumere pada pukul 15.27 WIB hingga pukul 16.02 WIB. Peserta dan panitia sangat antusias bernyanyi dan senam sehingga acara berlangsung secara meriah.

Dilanjutkan dengan kegiatan tukar kado yang dipimpin oleh MC pada pukul 16.02 dan pengumuman kelompok terbaik yang dimenangkan oleh kelompok Terin. Serta diakhiri oleh Penutupan dan dokumentasi acara pada pukul 16.35.

Share :