Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Accounting Building Career and Development FestivalatauABCD FEST merupakan salah satu rangkaian acara dari ACCRUAL 2022 (Accounting Throughout Festival), yang mana acara ACCRUAL tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta. Tahun ini ABCD FEST mengangkat tema “Gajah Kalimantan” yang dimaknai sebagai hewan yang sabar, cerdas, dan juga tenang. Di sisi lain, gajah juga memiliki umur panjang yang harapannya dengan umur panjang menandakan long lasting dalam pekerjaan. Selain itu, membutuhkan kesabaran, ketenangan, serta kecerdasan dalam bekerja. Sifat tersebut berhubungan erat dengan makna acara ABCD FEST yang bertujuan untuk memberikan wawasan terkait dunia kerja, dimana ilmu pengetahuan sangat berguna untuk memberikan arah tentang bagaimana memasuki dunia karir dan mengembangkan karir tersebut.

Rangkaian Kegiatan dari ABCD FEST 2022 terdiri dari Career Talk dan Workshop. Career Talk pada ABCD FEST 2022 ini memiliki 2 materi yaitu “How Data Analytics Shape Future Opportunities for Auditing?” dengan narasumber Tulusta Ghaniel Putra Sipahutar dimana membahas bagaimana data analytics memiliki peluang bagi audit di masa depan di era industri 5.0. Sehingga data analytics bisa membantu bisnis mengungkap informasi berharga dalam keuangan, mengidentifikasi peningkatan proses yang dapat meningkatkan efisiensi, dan mengelola risiko. Serta bisa memberikan gambaran kepada para peserta tentang seberapa besar peluang data analytics dalam membantu audit di masa depan untuk mempersiapkan kariernya. Untuk materi selanjutnya yaitu “Opportunities and Benefits That Millennials Will Get in Data Analytics in The Audit Profession” dengan narasumber Lazuardi Zulfikar Wicaksana, dimana pada materi ini membahas mengenai penjelasan benefit yang bisa didapatkan sebagai seorang audit dalam mempelajari data analytics. Serta pemanfaatan dan pemaksimalan manfaat dan keuntungan yang didapatkan melalui pemanfaatan data analytics di bidang audit untuk persiapan di dunia kerja.

Kegiatan Carrer Talk diawali dengan pembukaan oleh MC pada pukul 08.36 WIB kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa pada pukul 08.39 WIB dan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara hingga pukul 08.44 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Program Studi Akuntansi yaitu Bapak Andy Setiawan pada pukul 08.45-08.50 WIBdan sambutan ketua HIMA S1AK yaitu Saudari Fadhila Reza Aprilia pada pukul 08.50-08.53 WIB. Kegiatan selanjutnya yaitu laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana ABCD FEST 2022 yaitu Saudari Saffanah Zerlina pada pukul 08.53 WIB. Pada pukul 08.55 WIB Penyerahan Accrual secara simbolik Fera Agustin kepada Saffanah Zerlina. Acara beralih ke MC dengan pembacaan tagline dan polling pada pukul 08.57 WIB.  

Pemaparan dari pembicara pertama diawali dengan pembacaan CV Pemateri 1 pada pukul 09.01 WIB dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dimulai pada pukul 09.04 WIB. Pada penyampaian materi pada sesi 1 kali ini, pembicara menjelaskan bahwa audit internal merupakan kegiatan atau layanan konsultasi dan asurans yang dilakukan secara independen dan objektif dengan tujuan untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi sebuah perusahaan. Terdapat lima tantangan yang perlu dipenuhi auditor, pertama yaitu peningkatan kompleksitas dan volatilitas dalam lanskap risiko dan kepatuhan. Kedua, persyaratan stakeholder untuk memberikan wawasan tentang risiko yang muncul. Ketiga, persyaratan untuk mengisi kesenjangan teknologi, dan yang terakhir adalah mengurangi kesenjangan keterampilan antara auditor.  Empat hal yang menjadi jawaban bagi calon auditor internal maupun eksternal adalah Agile audit plan, data literacy, control environment influencer, dan stakeholders’ relationship. Penerapan data analytics pada auditing membuat efektifitas dari hasil auditing tersebut dimana hasil data dapat diperoleh dengan cepat dan dapat diserahkan saat stakeholder membutuhkannya. Para eksekutif juga meningkatkan investasi dalam transformasi digital karena pasti dilihat sebagai peluang efektivitas yang sangat besar. Beberapa hal yang kita butuhkan untuk menjadi data analyst juga seperti problem solving, pengetahuan tentang bahasa pemrograman seperti sql dan lainnya, dan software statistik seperti spss. Sesi pemaparan dari pemateri 1 berakhir pada pukul 09.58 WIB dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab pada pukul 09.59-10.28 WIB. Dan Sesi foto penyerahan plakat & bersama pembicara 1 hingga pukul 10.32 WIB.

Acara selanjutnya ialah masuk ke pembicara ke-2 diawali dengan pembacaan CV secara singkat oleh MC pada pukul 10.33 WIB dan penyampaian materi sesi 2 dimulai pukul 10.36 WIB. Pada sesi kali ini dapat disimpulkan bahwa, Data analytics merupakan science atau ilmu dan process yaitu cleaning, modelling, transforming, dan analyzing. Tujuan dari proses tersebut adalah menghasilkan conclusions/kesimpulan, decision-making/pembuat keputusan, dan valuable insights. Data analytics sangat populer pada saat ini karena peningkatan daya komputasi dan penyimpanan pada komputer atau laptop sehingga dapat dikerjakan dimana saja, ketersediaan data besar sehingga membuat kemudahan bagi pengguna data analytics dalam mengelola data yang besar, dan advancement algorithms membuat model atau hasil yang ingin dikeluarkan pengguna lebih cepat. Namun, walaupun data analytics sangat bermanfaat bagi perusahaan, terdapat hal yang tidak dapat diselesaikan dengan data analytics sehingga perusahaan harus memiliki wawasan yang luas di luar analytics. Beberapa alasan kenapa audit mengadopsi analytics antara lain; dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi, dapat mendeteksi lebih banyak fraud, mengurangi paparan risiko, dapat menambahkan nilai ke organisasi atau perusahaan, dapat meningkatkan kualitas audit, dan menciptakan peluang baru. Selain itu, jika ingin memulai analytics, kita harus memulainya dari proses bisnis, kemudian tentukan tujuan yang jelas dari analytics tersebut, dan yang terakhir adalah harus mengerti dari analytics tersebut, jangan pernah mulai sebelum memahami nilainya. Penerapan data analytics di audit pada laporan keuangan perusahaan yaitu dapat membuat rencana audit, dapat melakukan internal kontrol, substantive testing dengan melakukan programing, dan yang terakhir completion dan reporting dimana dapat menetapkan estimasi akuntansi serta pelaporan informatif dan dinamis. Untuk memulai belajar data analytics, kita dapat belajar menggunakan excel, tableau, google data studio, power BI desktop, orange, jupyter, RStudio, dan lain sebagainya. Penyampaian materi sesi 2 berakhir pada pukul 11.37 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab hingga pukul 11.52 WIB.

Share :