Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Masa Bimbingan Ekonomi Syariah merupakan rangkaian program kerja Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta yang bertujuan untuk membantu mahasiswa baru dalam pengenalan dan adaptasi di lingkungan kampus dari berbagai aspek diantaranya pendidikan, profesi, kemahasiswaaan juga untuk menunjang soft skill maupun hard  skill mahasiswa.  Orientasi  Mahasiswa  Baru  (MABIM)  merupakan  salah  satu  acara lanjutan dari PKKMB Universitas dan PKKMB Fakultas. Kegiatan ini bertemakan “Let’s Build and Growth Generation Islamic with Sharia Economics”. Hari kedua Masa Bimbingan Ekonomi Syariah telah dilaksanakan pada Sabtu 17 September 2022 yang diselenggarakan oleh Departemen Aspirasi dan Pengembangan, Divisi Litbang, Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring pada Ruang BEJ Lantai 4 Gedung M. Husni Thamrin Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terdapat 77 mahasiswa baru program studi Ekonomi Syariah yang hadir untuk mengikuti kegiatan Masa Bimbingan pada hari kedua. Sebelum dimulainya kegiatan, pada pukul 07.30 peserta masa bimbingan Ekonomi Syariah telah berkumpul di Ubin Coklat FEB UPNVJ kemudian diarahkan oleh mentor masing – masing kelompok untuk memasuki Ruang BEJ. Selanjutnya pada pukul 08.00 WIB peserta masa bimbingan mulai melakukan registrasi melalui scan barcode yang langsung mengakses absensi via google form.

Para mahasiswa masa bimbingan Ekonomi Syariah secara bersama – sama menyaksikan Video Company Profile Hima Eksyar yang ditayangkan oleh operator. Kemudian dilanjutkan oleh pemaparan materi Hima pada pukul 08.50 adapun pengisi materi tersebut yaitu Amatya Febri Fara Dila selaku Ketua Hima Ekonomi Syariah dan Hanifah Budiwati Utami selaku Wakil Ketua Hima Ekonomi Syariah. Pada sesi pemaparan ini, Ketua dan Wakil Hima memperkenalkan seperti apa Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah kemudian memperkenalkan anggota pada setiap departemen yang ada di Himpunan selanjutnya memaparkan program kerja apa saja yang ada di Hima Ekonomi Syariah dan pemateri   mempersilahkan   peserta   masa   bimbingan   untuk   bertanya.

Sebelum acara dilanjutkan, MC memberikan ice breaking kepada peserta masa bimbingan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan selanjutnya yaitu materi Adat Ekonomi Syariah. Adapun pengisi pada pemaparan tersebut yaitu Kahfi Auriza Syaman selaku Dewan Pengawas  Hima  Ekonomi  Syariah.  Sebelum  pemaparan  materi  dimulai,  Kahfi  Auriza Syaman  terlebih  dahulu  memperkenalkan  siapa  saja  Dewan  Pengawas  Hima  Ekonomi Syariah kemudian dilanjutkan memaparkan materi yang diantaranya menjelaskan seperti apa etika ketika menghubungi dosen, Selanjutnya pemateri mempersilahkan peserta masa bimbingan untuk bertanya.

Selanjutnya pada pukul 10.15 WIB dilanjutkan dengan pemaparan terkait apa itu IKAES (Ikatan Alumni Ekonomi Syariah) yang dipaparkan oleh beberapa alumni dari ekonomi syariah. Pada sesi ini, diawali dengan menjelaskan bahwa IKAES merupakan wadah untuk tetap menjaga komunikasi dan menjaga silaturahmi antara mahasiswa ekonomi syariah kemudian menjelaskan seperti apa visi dan misi IKAES, serta memperkenalkan seperti apa filosofi dari logo IKAES. Selain memperkenalkan seperti apa IKAES, pemateri juga memberikan motivasi dan tips kepada mahasiswa baru serta memberikan pengalaman IKAES dalam dunia bekerja.

Selanjutnya sesi pemberian rewards dari panitia untuk peserta kategori kelompok terbaik, best boy, best girl serta pemenang games dari hari pertama hingga kedua. Selain itu terdapat penjelasan dari divisi sosial masyarakat Hima Ekonomi Syariah terakit Sample Day (Sampah Elektronik – Day) dan pemberian rewards atas kelompok terbanyak dalam mengumpulkan sampah elektronik pada hari pertama masa bimbingan.

Sebelum sampai di penghujung acara, MC mempersilahkan peserta masa bimbingan untuk menuliskan kesan dan pesan selama dua hari kegiatan masa bimbingan berlangsung kemudian ditempel melalui papan yang telah disediakan oleh panitia. Selanjutnya dilakukan sesi dokumentasi oleh seluruh panitia dan peserta dan dilanjutkan dengan pembacaan doa penutup acara. Kegiatan masa bimbingan Ekonomi Syariah berakhir pada pukul 14.20 WIB. Kegiatan ini berjalan dengan lancar yang dapat dilihat melalui antusias para peserta masa bimbingan  Ekonomi  Syariah  dalam  keaktifan  bertanya  kepada  para  pemateri  dan  dalam keaktifan saat berdiskusi kelompok.

Share :