Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Masa Bimbingan (MABIM) merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa S1 Ekonomi Syariah. Program ini merupakan lanjutan dari rangakaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru agar dapat mengenal lebih dalam mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya pada Program Studi Ekonomi Syariah baik dari segi akademis, Non Akademis, Kekeluargaan, dan memperkenalkan budaya serta sejarah yang ada di Ekonomi Syariah. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan sikap dan karakteristik yang seharusnya ada di dalam jiwa mahasiswa sehingga mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Telah dilaksanakan kegiatan MABIM (Masa Bimbingan) Ekonomi Syariah 2022 hari pertama pada Jumat, 16 September 2022 yang diselenggarakan oleh Departemen Aspirasi dan Pengembangan, Divisi Litabang Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan secara offline di Auditorium Bhineka Tunggal Ika Gd. Jenderal Soedirman Lt.4 UPN Veteran Jakarta. Acara dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru Ekonomi Syariah 2022. Kegiatan MABIM tahun ini bertemakan “Let’s Build and Growth Generation Islamic With Sharia Economics”.

Sebelum acara dimulai, peserta berkumpul dahulu di plaza internet bersama mentor dari masing-masing kelompok. Disini peserta mengumpulkan sampah elektronik (Sample Day)  yang  merupakan  salah  satu  program  kerja  Divisi  Sosial  Masyarakat  Himpunan Ekonomi   Syariah.   Kelompok   yang   membawa   sampah   elektronik   terbanyak   akan mendapatkan hadiah pada hari kedua MABIM 2022. Setelah mengumpulkan sampah elektronik, satu per satu kelompok naik menuju Auditorium Bhineka Tunggal Ika.

Terdapat Video Pengenalan Ekonomi Syariah. Video tersebut berisi informasi berupa perkenalan Kepala Jurusan Ilmu Ekonomi, Kepala Program studi Ekonomi Syariah, mata kuliah yang di ampu secara garis besar, organisasi yang ada di Ekonomi Syariah, serta tour gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selanjutnya terdapat pengenalan Shanoratrace. Shanoratrace (Sharia Economics Ratoh Jaroe Traditional Dance) merupakan wadah untuk menampung mahasiswa Ekonomi Syariah yang memiliki potensi dan kemampuan di bidang seni tari.

Acara dilanjut dengan Pengerjaan  Kasus,  pada  sesi  ini  peserta  diberikan  kasus  dan diberikan waktu untuk berdiskusi bersama kelompok. Setelah itu ISHOMA pada pukul 11.35

WIB  selama  120  menit.  Setelah  peserta  dan  panitia  ISHOMA,  acara  dilanjut  dengan presentasi kasus oleh perwakilan dari masing-masing kelompok sesuai dengan instruksi yang diberikan. Setelah itu adalah sesi games pada pukul 14.05 WIB. Pada sesi ini terdapat dua games yaitu “Rebutan Bangku (Rebut Aku)” dan “Find Friend”. Pada games pertama yaitu Rebutan Bangku, setiap kelompok mengirimkan dua orang perwakilan dan peserta harus merebut bangku yang disediakan sejumlah -1 (kurang satu) dari jumlah peserta.Lalu pada games kedua yaitu Find Friend, panitia membacakan cerita dan di dalam cerita tersebut terdapat kata-kata keramat yang mana setiap peserta harus mencari teman sesuai jumlah yang telah ditentukan. Setelah games selesai dengan durasi 40 menit, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan ditutup oleh MC pada pukul 14.50 WIB.

Share :