Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Pada (13/9/2022) tim FEB UPNVJ bertemu dengan tim dari Faculty of Economic Science Université Poitiers di Poitiers Prancis. Setelah melakukan FGD di Panthéon-Sorbonne dan marathon meeting dengan AFD, Sorbonne School of Economics, dan Sorbonne-Nouvelle di Paris, Dr Dianwicaksih dan Dr Fachru Nofrian tiba di Poitiers 12 September 2022 dan disambut dengan dinner bersama tim FEB Poitiers yaitu Prof Philippe ROGEON (International Office) , Prof Marlene (Responsible Indonesia-Prancis), Prof Patrice dan Dr Diana Cheung (Faculty of Economic Science). Dalam rapat tersebut membahas berita baik terkait kerjasama antara kedua universitas yang telah mendapatkan dukungan hibah dari pemerintah Prancis meliputi pertukaran pelajar, dosen dan penelitian. Hibah tersebut termasuk beasiswa untuk mahasiswa FEB UPNVJ untuk melakukan perkuliahan di Poitiers. Hibah tersebut berlaku untuk tiga tahun.

Acara dilanjutkan besoknya dengan berkunjung di Universitas Poitiers dengan pembahasan lebih detail dengan Prof Cornell PROS (Wakil Dekan) dan pemaparan masing-masing fakultas, jurusan, prodi, kurikulum dan silabus. Dalam kesempatan ini juga dilakukan. Dalam kesempatan ini dilakukan pula benchmark kurikulum dalam kaitan rencana pembukaan prodi S2 Ilmu ekonomi FEB Upnvj.

Universitas Poitiers sebagaimana universitas publik lainnya di Prancis memiliki berbagai fakultas dengan area yang sangat luas dan bangunan modern yang terletak di Poitiers yang merupakan kota tua di Prancis. Fakultas Ekonomi memiliki tiga tahun perkuliahan sebelum melanjutkan pada tahun ketiga. Untuk master dilakukan selama dua tahun yaitu program master ekonomi publik, kesehatan dan pendidikan, dan master uang, perbankan, dan keuangan yang memiliki kurikulum ekonomi makro lingkungan terkait green finance. Hal ini sesuai dengan master ilmu ekonomi yang sedang proses di FEB UPNVJ.

Pertemuan ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antar jniversotas pada beberapa minggu ke depan.

Share :