Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Bela negara sebagai kewajiban dasar bagi setiap warga negara yang penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban kepada negara dan bangsa. Sadar akan Bela Negara ialah bersedia berbakti kepada negara dan kesediaan berkorban membela negara jika terjadi ancaman. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Bagaimana kita sebagai dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dapat mengimplementasikan wujud bela negara di Universitas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta mengadakan kegiatan Webinar Bela Negara dengan tema “Implementasi Bela Negara dalam Kehidupan  sehari-hari bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta pada hari Selasa (2/8/2022) melalui virtual zoom meeting yang dihadiri oleh seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta dengan menghadirkan narasumber Zackharia Rialmi S.IP., MM., CHRP.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Munasiron Miftah, MM menyampaikan bahwa “kampus kita ini, kampus beridentitas bela negara oleh karena itu kita sebagai civitas akademika UPN Veteran Jakarta kita wajib mengimplementasikan bela negara yang melekat dalam diri kita, dengan demikian persatuan dan kesatuan ada di UPN Veteran Jakarta”.

“Bela Negara adalah suatu sikap dan perilaku setiap warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan kepada Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan bangsa dan negara. Militer identik dengan disiplin, keteguhan, dan jiwa Korsa, maka dari itu kita dapat mencontoh sikap disiplin, keteguhan dan jiwa Korsanya untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari” Jelas Zackharia.

4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, Pancasila. Dari keempat pilar tersebut harus disadari oleh Warga Negara Indonesia. Zackharia Rialmi juga menyampaikan bela negara untuk profesi dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarlauskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Diakhir acara, Zackharia Rialmi menyampaikan closing statementnya “ bahwa ketika kita cinta dengan Negara ini maka secara langsung kita harus mau emmbantu Negara ini supaya tetap hidup dan tetap eksis di dunia, caranya dengan ketika tunjukkan bahwa kita cinta Indonesia dengan Bela Negara apapun profesinya. Tetap Semangat, tunjukkan bahwa kita cinta Indonesia tidak hanya dimulut namun dengan sikap dan perbuatan kita. Salam Bela Negara!”

Share :