Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta pada hari Rabu (27/7) pada pukul 09.00 WIB. Acara yang diadakan secara luring ini dihadiri oleh keluarga, kerabat dan kolega terdekat serta teman sejawat dari beberapa perguruan tinggi prof. Erna. Dalam pengukuhannya beliau menyampaikan pidato ilmiah berjudul “Prinsip Tata Kelola Perusahaan Berbasis Nilai-Nilai Bela Negara”.

Prof. Erna menyimpulkan terdapat beberapa akar masalah dari ketidakefektifan sistem tata kelola perusahaan di Indonesia, yaitu sistem tata kelola perusahaan masih berbasis dokumen (administrative-based). Kelengkapan regulasi dan penerapannya hanya untuk memenuhi kebutuhan administrasi tata kelola perusahaan, Internalisasi prinsip tata kelola perusahaan yang rendah sehingga sebaik apapun sistem, regulasi, dan pedoman yang diterbitkan akan selalu ada potensi dilanggar dan dicarikan pembenaran, Politik dagang rente yang menempatkan seseorang pada jabatan pimpinan lembaga/kementerian, komisaris, direksi, tidak saja pada BUMN, tetapi pada lembaga pemerintah hanya untuk kepentingan politik dan mengabaikan kualifikasi dan kompetensi utama bahkan penerapan hukum yang tidak memberikan efek jera kepada pelaku kasus fraud dan korupsi perusahaan.

“Bela Negara sebagai alternatif solusi efektifitas tata kelola perusahaan, salah satu bentuk implementasi nilai-nilai bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk Bangsa dan Negara, semangat mewujudkan Negara yang berdaulat, adil dan Makmur” Jelas Prof. Erna

Prof. Dr. Erna Hernawati. Ak. CPMA. CA memiliki Rekam jejak prestasi kepemimpinan di UPNVJ mulai sebagai Dekan FEB 2008-2016, Wakil Rektor Bidang Umum  dan Keuangan 2015-2018 dan  2018-sampai saat ini sebagai Rektor UPN Veteran Jakarta.

Selain menjadi kebanggan UPNVJ, Prof. Dr. Erna Hernawati juga menjadi kebanggaan juga panutan bagi keluarganya khususnya dalam bidang pendidikan karena dengan gelar yang disandangnya saat ini merupakan contoh baik kesekian kalinya yang ia perlihatkan bagi anak-anaknya.

Share :