Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Benchmarking FEB UPNVJ dengan FEB Universitas Airlangga dalam pendidikan adalah suatu kegiatan di mana FEB UPNVJ melakukan evaluasi standar terus menerus, dengan melihat dan belajar dari institusi Pendidikan yaitu FEB UNAIR, agar FEB UNPVJ bisa mengidentifikasi, mengadopsi dan terapkan lebih banyak praktik secara signifikan di program studi Magister FEB UPNVJ. Dengan kata lain, kegiatan Benchmarking yang telah dilakukan oleh institusi FEB UPNVJ digunakan sebagai tolak ukur atau standar kinerja normatif dengan lembaga pendidikan FEB UNAIR.

Pelaksanan benchmarking FEB UPNVJ dengan FEB UNAIR dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 25 Juli 2022. Pada pukul 09:30 WIB yang bertempat di aula Kampus B Universitas Airlangga. Awal kegiatan benchmarking ini di awali dengan pembukaan secara simbolis dari pihak FEB UNAIR dalam menyambut kedatangan Dekan UPNVJ bersama ketua Prodi Maksi dan MM. dalam sambutannya Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., CMA., CA. Dekan UNAIR menyampaikan pentingnya Benchmarking ini dalam bentuk kolaborasi antar Lembaga Pendidikan dengan FEB UPNVJ untuk meningkatkan kualitas antar Perguruan Tinggi di Indonesia dan di lanjutkan sambutan dari Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE., Ak., M.Ak., CA., CSRS. Selaku Dekan FEB UPNVJ menyampaikan dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas kesedian dari FEB UNAIR telah bersedia menerima kunjungan Benchmarking dari FEB UPNVJ. Fokus dalam sambutan Dekan FEB UPNVJ ialah meminta petunjuk dan arahan dalam pengembangan akademik dalam Program Studi Magister untuk dapat berbagi informasi dan evaluasi antar FEB UPNVJ dan FEB UNARI. Setelah dari kegiatan seremonial dilanjutkan dengan pendatanganan Perjanjian Kerja Sama antar Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE., Ak., M.Ak., CA., CSRS. Dekan FEB UPNVJ dengan Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., CMA., CA. Dekan FEB FEB UNAIR. Perwakilan UNAIR yang hadir dalam kegiatan benchmarking yaitu Wakil Dekan 1, KPS Akuntansi dan KPS Manajemen.

Dalam kegiatan Benchmarking ini memiliki inti fokus yaitu Pengembangan Akademik terlebih khusus pada Program Studi Magister menjadi alasan yang sangat kuat mengapa bechmarking ini terselenggara. Dalam pengembangan program studi magister terlebih khusus akuntansi menjadi aspek yang penting dikarenakan Program Studi Maksi UPNVJ adalah program studi baru yang dibuka tahun 2022. Untuk menunjang kualitas Program Studi Maksi memerlukan sebuah petunjuk dan arah dalam merintis Program Studi Baru sehingga dengan cepat dapat menyesuaikan perkembangan standar akademik di Indonesia yaitu dengan meminta masukan dan evaluasi untuk Prodi Maksi UPNVJ.

Salah satu menjadi pembahasan paling penting dalam kegiatan Benchmarking ini tentang banyaknya jumlah SKS yang ada dalam Prodi Maksi UPNVJ yang cukup banyak dan juga ada beberapa hal dalam kurikulum yang mendapat masukan untuk dapat disesuaikan kembali agar tidak menjadi hal yang memberatkan antar Prodi dengan mahasiswanya. Selain pembahasan kurikulum dalam kegiatan benchmarking ini juga membahas tentang tata cara penilaian yang lebih efektif sehingga mempermudah prodi dalam menilai mahasiswanya, sehingga untuk menilai mahasiswa menjadi lebih objektif.

Dan hal terakhir pembahasan benchmarking ini ialah rencana pembukaan Program Studi Doktor FEB UPNVJ. Pembukaan Prodi Doktor UPNVJ telah masuk tahap persiapan dan salah satu hal yang menjadi kendala dalam persiapan Prodi Doktor UPNVJ ialah membutuhkan Tenaga Kependidikan yang mempunyai Status Prof. di UPNVJ. untuk membuka Prodi Doktor setidaknya memiliki 2 orang berstatus Prof. dan 3 orang berstatus Doktor maka dari itu Dekan FEB UPNVJ meminta kerjasamanya dengan pihak UNAIR agar bisa dapat meminjamkan salah satu Tenaga Pendidiknya yang berstatus Doktor untuk di tempatkan di FEB UPNVJ. Dekan UNAIR merespon dengan baik apa yang disampaikan Dekan FEB UPNVJ, dari pihak UNAIR bisa merekomendasi beberapa nama yang bisa di pinjamkan ke FEB UPNVJ tinggal di buat surat permohonan yang langsung di ajukan ke FEB UNAIR agar dapat langsung ditindak lanjuti.

Share :