Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

Beberapa mahasiswa dari program studi ekonomi pembangunan, Evi Rahmawati, Novi Rahmawati, Prima Kartika Ayu berhasil mendapatkan pendanaan hibah PPMW 2022 dari Kemendikbudristek. Usaha yang mereka rintis bernama paperoid yang sudah berdiri pada bulan April 2021 ketika pandemi sedang terjadi di Indonesia. Paperoid pun menjual berbagai macam bujo kit dan stationary yang menyediakan produk notebook, memopad dan notepad custom dimana konsumen dapat membuat produk dengan desain mereka sendiri. Paperoid termasuk ke dalam kategori industry kreatif, seni, budaya dan pariwisata. Sebab proses penciptaan produk paperoid menggunakan bahan baku local, serta memiliki nilai kreatif dan ide yang dijadikan produk ekonomi.

“Usaha ini awalnya sudah berjalan sejak tahun 2021 namun sempat terhenti karena adanya pandemi. Dengan ikutnya pendanaan P2MW ini kami berharap dapat lebih eksplor lagi, dapat memperluas marketnya. Saat ini sudah hamper 2,6 ribu pcs memopad terjual” tutur novi.

Awal mula terbentuknya usaha ini adalah mereka satu kelas dari semester satu, lalu dikarenakan pandemi mereka merasa kurang produktif lalu munculah ide untuk membuat usaha ini. Dan kebetulan mereka bertiga merupakan mahasiswa bidikmisi, dana bidikmisi ini merek gunakan untuk menjadi modal usaha mereka. Lalu mereka juga membantu masyarakat sekitar yang terkena dampak pandemi salah satunya jasa fotocopy. Selama ini mereka marketingngnya dari mulut ke mulut, harapannya kedepan usaha mereka dikenal lebih banyak oleh masyarakat luar.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menginspirasi mahasisa-mahasiswa di luar sana untuk berwirausaha.

Share :