Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Di era industri 4.0 ini pengembangan teknologi sangat pesat sehingga memunculkan kesenjangan antara dunia pendidikan dengan kebutuhan SDM di dunia kerja dan masyarakat. Berbagai tantangan terjadi, Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah Outcome-Based Education (OBE).

Outcame Based Education (OBE) merupakan  pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Dan OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum; perumusan tujuan dan capaian pembelajaran; strategi pendidikan; rancangan metode pembelajaran; prosedur penilaian; dan lingkungan/ekosistem pendidikan.

Dalam hal itu Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan pemutakhiran kurikulum tahun 2022 berbasis OBE yang dilaksanakan tanggal 24-26 Juni 2022 bertempat di Aston Sentul Lake Bogor. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta, Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE, Ak, M.Ak, CA, CSRS Mengatakan bahwa mata kuliah berlaku hanya 1 kurikulum yang terkait dengan IKU 7. Kurikulum yang dikirim ke FIBAA harus yang sudah di upgrade. Mata kuliah lab menjadi mata kuliah penting dimana kita ekplorasi lebih lanjut. Sistem harus di evaluasi untuk semester depan, dimana Fakultas Ekonomi dan Bisnis sedang menuju kelas internasional. Acara di lanjut dengan Rapat Koordinasi Tim Upgrading Kurikulum.

Selain itu FEB juga mendatangkan narasumber yaitu Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T  dengan tema Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai dengan KKNI & SN-Dikti dengan Pendekatan OBE. Dimana dosen harus focus pada kemampuan mahasiswa, dosen harus memikirkan bagaimana kemampuan mahasiswa setelah lulus. Dimana konsepnya mulai dari ide dan analisis berfokus untuk kemampuan pencapaian mahasiswa. Relaksasi Kurikulum yang pertama Flexible dan Adapted, Inter, multi, dan Transdisiplin, Theory Building, Dosen penggerak, Materi dan Media Belajar Terbuka, Memanfaatkan Digital Technology, Big Data Science,Al. dimana Education 4.0 sudah mulai di kembangkan untuk membantu mahasiswa menggunakan System IoT. Selanjutnya CPL yang di susun berdasarkan SN-Dikti. kurikulum harus mengacu pada kompetensi: Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung dan kompetensi lainnya.

Share :