Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Sabtu (23/4/2022) telah dilaksanakan kegiatan PELATIHAN SEKBEN (Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan) yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi room zoom meeting. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus HIMA Ekonomi Syariah. Kegiatan Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan pada tahun ini bertemakan “Menggali Potensi Diri di Bidang Kesekretariatan dan Kebendaharaan”.

Anggita Kristuti Fauzia dalam sambutannya menyampaikan bahwa semoga acara ini berjalan lancar serta berterima kasih kepada yang sudah menyempatkan hadir dan meminta maaf apabila panitia masih banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Amatya Febri Fara Dila selaku ketua Himpunan Ekonomi Syariah. Dalam sambutannya Amatya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para panitia yang telah menyelanggarakan kegiatan ini kemudian ia juga menyampaikan semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan bekal yang bisa digunakan oleh para pengurus Himpunan Ekonomi Syariah di kemudian hari.

Pemaparan materi disampaikan oleh Anisa, ia memiliki pengalaman yang banyak dalam organisasi terutama di bidang kesekretariatan kemudian ia juga mempunyai banyak skill serta sertifikasi. Selanjutnya Kak Anisa memaparkan materi tentang kesekretariatan yang dimana isinya mencakup makna sekretaris, syarat-syarat menjadi sekretaris, data/dokumen apa saja yang harus diarsipkan, tentang surat menyurat hal apa yang harus diperhatikan dalam membuat surat kemudian apa saja bagian bagian surat serta memberitahu penomoran surat. Ia juga menyampaikan isi proposal dan LPJ serta tentang birokrasi, bagaimana alur birokrasinya. Kemudian yang terakhir ia menyampaikan jenis sarana dan prasarana apa saja yang ada di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan cara peminjamannya.

Ada beberapa audience yang bertanya mengenai keskretariatan salah satunya menanyakan bagaimana cara mengatur waktu ketika menjadi sekretaris di organisasi dan banyaknya tugas di perkuliahan. Sesi tanya jawab ini berlangsung lancar dan dijawab dengan baik oleh Kak Anisa. Kemudian dilakukan sesi penyerahan plakat dari Amatya Febri Fara dila selaku ketua hima ekonomi syariah kepada Anisa Husna Adinta selaku pemateri pertama pada kegiatan tersebut atas ketersediaan Kak Anisa sebagai pembicara dalam kegiatan ini.

Selanjutnya pembicara kedua yaitu Kurnia, Ia memiliki pengalaman yang banyak dalam organisasi terutama dalam menjadi seorang bendahara kemudian ia juga mempunyai beberapa kemampuan dan pengalaman magang di beberapa bank syariah. Kurnia memaparkan materi tentang kesekretariatan yang dimana isinya mencakup peran dan tugas bendahara, kendala apa saja yang dialami oleh bendahara, perbedaan bendahara organisasi dan bendahara kelas, cara mengelola uang dengan efektif, contoh format pemasukan dan pengeluaran kemudian format RAB dan format laporan keuangan.

Ada beberapa audience yang bertanya mengenai kebendaharaan salah satunya menanyakan apakah seorang bendahara wajib menguasai Microsoft excel. Sesi tanya jawab ini berlangsung lancar dan dijawab dengan baik oleh Kak Kurnia.

Share :