Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center Sesi 2 ini membahas materi Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah, yang menjelaskan mengenai konsep umum PPN dan PPnBM seperti pengertian, tarif, serta dasar pungutan. Acara ini diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meetings (Dalam Jaringan) FEB UPN Veteran Jakarta pada hari Sabtu (9/4/2022). Acara ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Mahasiswa Relawan Pajak, Pengurus Tax Center Mahasiswa Relawan Pajak FEB 2022, Mahasiswa UPN Veteran Jakarta.

Acara tersebut diselenggarakan untuk membantu mempersiapkan para mahasiswa dalam mata kuliah perpajakan, serta memberikan pemahaman dan pengetahuan baru kepada mahasiswa di luar Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengenai pajak itu sendiri.

Membahas mengenai topik Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah. Study Club Tax Center ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan umum untuk mahasiswa baik yang belum mendapatkan mata kuliah perpajakan, maupun yang sudah mendapatkan mata kuliah tersebut.

Acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Bela Negara, setelah itu dilanjutkan dengan sesi pembukaan, kemudian masuk ke dalam sesi penyampaian materi oleh Ibu Dr. Dianwicaksih Arieftiara SE., Ak, M.Ak, CA, CSRS, selaku Dekan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada pertemuan kedua ini, Ibu Dian membahas Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah, dimana di dalamnya terdapat 3 poin yang disampaikan.

Poin pertama adalah Dasar Hukum dimulai dari Dasar Hukum PPN serta PPnBM yang merincikan Undang Undang yang mengatur dan perubahan-perubahan yang terjadi, serta menjelaskan pokok-pokok perubahan Undang-Undang PPN 1984, UU No. 42 tahun 2009, serta Undang-Undang HPP yang terbaru.

Poin kedua adalah membahas mengenai konsep umum PPN, seperti pengertian Pajak Pertambahan Nilai, Karakteristik yang termuat dalam Pajak Pertambahan Nilai, serta ciri-ciri dari PPN. Pada poin ini juga dibahas mengenai perubahan-perubahan seperti tarif PPN, dan tarif untuk PPnBM.

Poin ketiga adalah PKP dan DPP dimana pada poin ini dibahas juga apa itu objek pajak yang dikenakan tarif PPN atau PPnBM dan objek-objek yang dikecualikan seperti Barang Kena Pajak ataupun Barang tidak kena pajak dan Jasa Kena Pajak atau Jasa yang tidak kena pajak, di sesi ini dibahas juga mengenai dokumen pembuatan faktur pajak dan cara pelaporan faktur pajak penggantinya.

Setelah selesai dalam sesi pemaparan materi, acara berlanjut ke sesi tanya jawab, pada sesi ini terdapat sebanyak 6 penanya, lalu sesi posttest untuk mengukur peahaman tentang materi yang tadi disampaikan. Posttest dapat diakses melalui google form, setelah sesi posttest dilanjutkan sesi dokumentansi dimana pemateri, peserta dan panitia berfoto bersama. Setelah selesainya sesi dokumentasi, maka terdapat penutupan acara yang menandakan selesainya rangkaian acara pada pertemuan kedua Study Club Tax Center ini.

Share :