Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Pada hari Kamis, 7 April 2022 telah dilaksanakan Serap Aspirasi (SERASI) HIMA S1 Manajemen Vol. I secara online yang dihadiri oleh 38 KEMA S1 Manajemen dengan agenda penyampaian informasi mengenai persyaratan skripsi, TOEFL, FEB Care, Sertifikasi, dan Link Persuratan FEB

Berikut bahan kajian SERASI Vol.1:

πŸ“ŒSKRIPSI

  1. Terkait syarat skripsi yaitu adanya informasi sertifikasi yang simpang siur. Untuk tahun ini sertifikasi dilakukan sebanyak dua kali atau sekali? Melihat banyak mahasiswa yang merasa terberatkan jika sertifikasi dilakukan dua kali karena harga sertifikasi yang cukup mahal.

Jawab:

Setelah berbincang dengan Ibu Ida selaku kaprodi baru S1 Manajemen yang menyatakan bahwa Sertifikasi harus tetap dilaksanakan sebanyak 2 kali, dan nantinya kaprodi akan memfasilitasi 1 sertifikasi namun sampai sekarang belum ada info terkait pelaksanaannya.

  • Terkait sertifikat seminar SKPI, pernah dilaksanakan seminar di tahun 2019 dan sertifikat yang diberikan tidak tertulis dan di tanda-tangani dekan saat ini. Apakah bisa dijadikan skpi atau tidak?

Jawab:

Tidak masalah untuk sertifikat yang ditanda tangani dekan lama itu masih berlaku, yang penting sertifikat tersebut ada tandatangan tembusan dekan FEB. Dan mahasiswa bisa upload sertifikat SKPI ke dalam akun Presma UPNVJ dengan link sebagai berikut presmaupnvj.ac.id

  • Kapan sertifikat di akun Presma UPNVJ bisa di acc? Sudah upload dari tahun 2020 namun sampai sekarang belum di acc.

Jawab:

Terkait acc sertifikat skpi, informasi dari kakak tingkat bahwa harus langsung melampirkan bukti sertifikatnya namun masih belum diketahui apakah harus melampirkan bukti fisik atau file pdf saja. Namun untuk berjaga-jaga teman-teman bisa mengupload ke akun presma dari sekarang.

  • Apakah sertifikat panitia termasuk ke dalam sertifikat skpi?

Jawab:

Terkait sertifikat SKPI harus merupakan sertifikat seminar atau workshop sebagai peserta bukan sertifikat sebagai panitia.

πŸ“ŒMAGANG

  1. Terkait program Kampus Mengajar. Terdapat mahasiswa yang mengikuti kampus mengajar UPNVJ, namun ternyata informasi dan kebijakan tiap prodi berbeda ketika konversi SKS. Untuk prodi Manajemen ternyata alhamdulillah bisa dikonversi SKS, namun sistematika konversi SKS masih belum jelas atau simpang siur, dan informasi terkait konversi SKS dirasa agak terlambat.

Jawab:

Memang belum ada kejelasan sosialisasi terkait bagaimana konversi SKS, mata kuliah yang bisa dikonversi. Kedepannya pihak kaprodi akan berusaha untuk memberikan kejelasan sosialisasi kampus merdeka dan mengajar.

  • Apakah mahasiswa yang melaksanakan magang mandiri harus memberikan dan upload surat penilaian dari perusahaan magang atau hanya surat keterangan magang saja?

Jawab:

Untuk magang mandiri cukup melampirkan sertifikat atau bukti telah magang di sebuah perusahaan atau instansi, tidak ada kewajiban untuk melampirkan nilai atau form logbook.

πŸ“ŒPERKULIAHAN

  1. Terkait UCP 2, dimana materi UCP 2 itu dimulai dari tm 5 s/d tm 8. Namun bagaimana jika terdapat dosen yang mengambil materi dari tm 1 s/d 8?

Jawab:

Mungkin terdapat miss komunikasi pada beberapa dosen mata kuliah dimana masih simpang siurnya informasi materi yang digunakan pada saat UCP baik UCP 1, 2, 3 dan 4. Namun disampaikan sejak tahun lalu dari pihak dekanat bahwa FEB melaksanakan UCP 1,2,3,4 dengan ketentuan UCP 1 materi tm 1-4, UCP 2 materi tm 5-8, UCP 3 materi tm 9-12 dan UCP 4 materi tm 13-16.

  • Terkait jadwal Kelas Besar dan KB pengganti yang sama-sama bentrok sehingga mahasiswa kesulitan mengikuti kelas dan beberapa tidak memungkinkan untuk double device.

Jawab:

Terkait jadwal kb kami belum ada solusi untuk masalah ini, namun kami sudah menyampaikan ke pihak dekanat bahwa KB ini tidak berjalan efektif. Jadi untuk kedepannya kami akan mencoba untuk membuat forum bersama dekanat dan membahas permasalahan kelas besar ini

  • Aspirasi terkait Kelas Besar, KB tidak efektif karena mungkin ada beberapa dosen praktisi yang memberikan materi di luar dari RPS. Diharapkan agar informasi dari KB ini tidak simpang siur dan sesuai dengan RPS.

πŸ“ŒPKM

  1. Untuk PKM syarat lulusnya diperlukan tanda tangan wadek atau bagaimana?

Jawab:

Terkait PKM, saat ini syarat lulus minimal lolos tahap fakultas. Untuk pembuktian yang diperlukan pada syarat skripsi nantinya akan diberikan lembar pengesahan yang harus diisi oleh ketua kelompok. Beberapa waktu lalu di grup PKM juga sudah di floor agar seluruh ketua kelompok yang sudah lolos tahap fakultas dan universitas untuk mengisi lembar pengesahan dan di upload ke google drive yang nantinya akan ditandatangani oleh wadek 3.

  • Apabila sudah upload lembar pengesahan PKM di presma, apakah akan otomatis link ke anggota atau ketua kelompok harus input nama-nama anggota lagi?

Jawab:

Untuk hal ini, cukup upload lembar pengesahan saja yang sudah ditandatangani wadek. Ketua kelompok harus mencantumkan atau menginput anggotanya dan anggotanya mengkonfirmasi atau validasi sebagai anggota kelompok.

πŸ“ŒUntuk informasi lebih lanjut KEMA S1 Manajemen bisa mengunjungi Linktree Advokasi HIMA S1 Manajemen berikut ini : https://linktr.ee/AdvokasiHIMAS1M

Share :