Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Sebagai upaya untuk membantu mempersiapkan para mahasiswa dalam mata kuliah perpajakan, serta memberikan pemahaman dan pengetahuan baru kepada mahasiswa di luar Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengenai pajak itu sendiri, Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center gelar Study Club Tax Center Sesi 1 pada hari Sabtu (2/4/2022) melalui virtual zoom meeting.

Study Club Tax Center ini membahas materi Konsep Dasar Perpajakan dan Hukum Perpajakan, yang menjelaskan mengenai konsep umum pajak seperti pengertian, jenis, teori pemungutan, serta pembagian jenis pajak. Kemudian, dijelaskan juga mengenai regulasi pajak, dan ketentuan umum mengenai perpajakan.

Acara dihadiri oleh 78 peserta yang meliputi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Mahasiswa Relawan Pajak, Pengurus Tax Center Mahasiswa Relawan Pajak FEB 2022, Mahasiswa UPN Veteran Jakarta.

Pertemuan pertama Study Club Tax Center ini dilaksanakan secara online menggunakan media Zoom Cloud Meeting FEB UPN Veteran Jakarta pada hari Sabtu, 02 April 2022. Membahas mengenai topik Konsep Dasar Perpajakan dan Hukum Perpajakan. Study Club Tax Center ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan umum untuk mahasiswa baik yang belum mendapatkan mata kuliah perpajakan, maupun yang sudah mendapatkan mata kuliah tersebut.

Acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Bela Negara, setelah itu dilanjutkan dengan sesi pre-test, kemudian masuk ke dalam sesi penyampaian materi oleh Ibu Dr. Dianwicaksih Arieftiara SE., Ak, M.Ak, CA, CSRS, selaku Dekan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada pertemuan pertama ini, Ibu Dian membahas Konsep Dasar Perpajakan dan Hukum Perpajakan, dimana di dalamnya terdapat 5 poin yang disampaikan.

Poin pertama adalah Konsep Umum Pajak dimulai dari pengertian, fungsi, ketentuan hukum, teori pemungutan, pembagian jenis pajak, serta azas pajak. Lalu poin kedua yaitu Regulasi Pajak, dimana dasar pengenaan pajak di Indonesia diatur dalam berbagai Ketentuan Umum Perpajakan yang didalamnya mengandung banyak dasar hukum. Poin ketiga adalah ketentuan umum perpajakan dimana didalamnya Ibu Dian menjelaskan mengenai pengertian umum, masa pajak, tahun pajak, lalu disinggung pula apa itu SPT, SKP, dan NPWP. Untuk poin keempat membahas mengenai Pajak dalam Laporan Keuangan dimana terdapat dalam banyak akun di laporan keuangan, dan yang terakhir adalah Pajak dalam Perusahaan, dimana didalamnya terdapat pembahasan mengenai pajak badan, serta PPh terkaitnya. Setelah selesai dalam sesi pemaparan materi, acara berlanjut ke sesi dokumentansi dimana pemateri, peserta dan panitia berfoto bersama. Setelah selesainya sesi dokumentasi, maka terdapat penutupan acara yang menandakan selesainya rangkaian acara pada pertemuan pertama Study Club Tax Center ini.

Share :