Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Program Studi Manajemen Program Magister melakukan Webinar Executives series ke 9 dengan tema Mengoptimalkan Nilai Perusahaan, Melalui Merger dan Akuisisi, dengan mengundang narasumber Wijayanto Samirin (Komisaris Independen PT Indosat Tbk) dan dimoderator oleh Edy Widarto (Mahasiswa Magister Manajemen).

Acara diawali oleh Pembukaan Oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, beliau berpendapat bahwa strategi merger dan akuisisi merupakan topik yang menarik, karena dengan strategi tersebut perusahaan dapat meningkatkan nilai dari perusahaan.

Acara dilanjutkan dengan paparan narasumber beliau menyampaikan bahwa terdapat beberapa alasan sukses dan kegagalan dalam merger dan akuisisi.

Beliau juga menyampaikan beberapa contoh sukses dari Merger dan Akuisis di Indonesia seperti Bank Mandiri = Bappindo + BBD + Exim + BDN, Bank Permata = B patriot + B Prima + B Bali + B Artha Media + B Universal, Google akuisisi Youtube (USD 1,65 bio), Google akuisisi Android (USD 50 mio), Exxon + Mobil (USD 80 bio), Disney + Pixar. Sementara beberapa contoh perusahaan yang gagal dalam melakukan Akusisi dan Merger seperti Daimler + Chrysler (USD 36 bio), Microsoft + Nokia (USD 7 bio), Google + Motorola (USD 12,5 bio), Sprint + Nextel (USD 35 bio), dan AOL + Time Warner (USD 111 bio).

Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat pada narasumber dan Moderator, setelahnya juga diadakan kuis bagi audice dengan mendapatkan Voucer Pulsa, Buku, dan Makan oleh sponsor yang mendukung kelancaran acara.

Share :