Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Faizi, SE., M.Si., Ph.D Selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam kegiatan “Studi Empirik Usul Inisiatif Rancangan Undang-Undang Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro” yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta pada hari Jumat, 4 Maret 2022.

Faizi membawakan materi terkait Lembaga Keuangan Mikro, Inklusi Keuangan dan Digitalisasi. “LKM yang terdaftar di OJK berjumlah 277 dengan berbadan hukum PT dan Koperasi baik yang dijalankan secara syariah maupun konvensional. Konvensional 146, yang terdiri dari 103 berbentuk Koperasi, dan 43 berbentuk PT. Syariah berjumlah 81, yang terdiri 80 berbentuk Koperasi dan 1 berbentuk PT (OJK 2021).” Kata Faizi

Tantangan pengembangan LKM dan inklusi keuangan adalah tersedianya produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan nasabah serta pembiayaan yang murah, mudah dan serta menguntungkan. Digitaliasi barangkali dapat dijadikan solusi atas hambatan serius yang ada.

Teknologi blockchain, Big Data, Smart Contract, IA beberapa kecanggihan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh LKM yang dapat disesuaikan dengan karakter dan model bisnis yang dijalankan. Karena teknologi ini bersifat universal dan terbuka untuk dieksploitasi semaksimal mungkin.

Digitalisasi memberikan banyak kemudahan dan diharapkan dapat meningkat kualitas layakan yang disediakan LKM, Tapi belajar dari proses digitalisasi sektor perbankan masih jauh panggang dari api. Hingga saat ini belum ada perbankan yang memberikan fitur pengajuan kredit secara daring. Yang relatif berhasil dari sisi penghimpunan dana dan sistem pembayaran. Butuh ekosistem digital LKM dan ini tantangannya tidak mudah.

Share :