Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(10/12/2021) Jum’at 10 Desember 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta melaksanakan kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Publikasi Jurnal Bereputasi Internasional dan Nasional dengan menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Muafi, SE., M.Si (Guru Besar Universitas Islam Indonesia), acara dilaksanakan dengan hybrid dimana terdapat participant di dalam ruang 205 Gd MH Thamrin dan mahasiswa bergabung melalui ruang virtual zoom meeting.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indoensia Raya dan Mars Bela Negara, dilanjutkan dengan Doa yang dipandu oleh Dr. Yudi Noor Supriadi, S.Sos.I., MM, acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dekan menyampaikan bahwa pelaksanaan Coaching Clinic merupakan dorongan bagi Dosen dan mahasiswa agar dapat mempublikasi penelitiannya pada jurnal bereputasi Internasional maupun Nasional, dosen diharapkan dapat mengenai luaran penelitian agar dapat publish pada jurnal internasional bereputasi terindeks scopus, serta mendapatkan trik untuk memilih jurnal sesuai dengan luaran dan topik penelitian.

Acara dilanjutkan dengan materi dari Narasumber dimana beliau memaparkan bahwa di dalam melakukan publikasi khususnya Jurlan Internasional diharapkan untuk lebih berhati-hati lagi karena banyak jurnal yang mencantumkan terindeks Scopus Q2 atau Q3 namun pada tidak terindeks dalam scopus.com. Karena kasus ini pernah terjadi kasus Dosen melakukan Publikas melalui Promotor namun sudah cukup lama tidak terbit, lalu beliau mengkonfirmasi pada Scopus.com namun pihak scopus tidak mengetahui dan mengarahkan ke editor dari jurnal tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam publikasi dari Jurnal terindeks scopus :

  1. Jangan submit pada jurnal yang terbit 30 Papper per terbitan
  2. Hindari Jurnal yang terbit setiap bulan
  3. Waspadai ketika diminta bayar 6-7 Juta

Untuk publikasi jurnal diperhatikan jurnal tersebut ter Indeks DOAJ dengan cara mencari pada web doaj.org namun yang lebih baik lagi jika bukan hanya jurnalnya saja yang terindeks namun  juga artikelnya di indekskan DOAJ

Acara dilanjukan dengan sesi diskusi, setiap dosen diminta untuk mengecek hasil dokumen penelitian yang telah direview oleh Prof Muafi, dan apabila terdapat ketidak jelasan dari hasil review dapat di tanyakan.

Acara diakhiri dengan Pemberian sertifikat dan plakat yang diberikan Oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis kepada narasumber.

Share :