Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pada hari ini, Sabtu 5 Desember 2021, Konfrensi Internasional Jakarta Economic Sustainability Conference Agenda (JESICA) memasuki hari terakhirnya. JESICA diselenggarakan  selama tiga hari terhitung sejak hari Kamis, 2 Desember 2021. Agenda pada hari terakhir ini adalah Webinar dan diskusi Ilmiah Internasional, serta rangkaian agenda pentupan JESICA.

Acara pada hari ini dipandu oleh Liza Febrina sebagai MC dan diawali dengan pembacaan doa yang dilakukan oleh Bapak Ade Nur Rohim, S.HI., M.EI. Sebelum memasuki inti acara yaitu Webinar dan Diskusi Ilmiah Internasional, Bapak Fachru Novrian ., Ph.D menyampaikan Welcoming Remark, beliau menyampaikan bahwa JESICA berusaha membawa perbaharuan ekonomi dengan agenda diskusi ilmiah yang dilakukan oleh beberapa ahli dari beberapa negara di dunia. Beliau juga menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir dan terlibat dalam 1st JESICA yang telah diselenggarakan.

Memasuki acara inti pada hari ini, Webinar dan Diskusi Ilmiah Internasional dipandu oleh Bapak Achmad Nur Hidayat, M.PP selaku moderator. Agenda Webinar dan Diskusi Ilmiah Internasional pada hari ini akan disampaikan oleh dua pemateri yang berasal dari Mexico dan Indonesia.

Narasumber yang pertama adalah Prof. Oscar Ugarteche yang berasal dari Universidad Nacional Autonoma de Mexico, Mexico. Membuka sesi pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa beliau merasa sangat senang dan bahagia karena telah diundang dalam acara JESICA yang diselenggarakan oleh FEB UPNVJ. Pada kesempatan tersebut, beliau memaparkan materi yang berjudul “The Shift In The International Economic Axis and The New International Financial Order”. Dalam paparannya, beliau memaparkan beberapa poin bahasan seperti Dinamika Ekonomi Global, Pertumbuhan GDP negara-negara Asean, G7, AL+C pada 2020, masifnya eksternal defisit AS, siapa yang inves di pasar saham AS, dan pembahasan terkait lainnya. Beliau menyampaikan materi tersebut dengan penuh kompeten dan disampaikan dengan ilmiah berdasarkan data yang kredibel dan faktual.

Narasumber kedua adalah Dr. Fadhil Hasan yang merupakan ekonom senior di Indonesia. Beliau membawakann tema bahasan ekonomi global yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang berjudul “Economic Transformation After Pandemic Covid-19”. Beliau membahas perekonomian sebelum terjadinya pandemi Covid-19, kenaikan harga barang komoditas, penurunan sektor Manufaktur, tren perekonomian pasca Covid-19 serta pembahasan lainnya terkait perekonomian dan Covid-19. Beliau membawakan materi secara komperhensif, kompeten, dan dilengkapi dengan data-data yang ilmiah.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi ilmiah antara para narasumber dan panelis dipandu oleh moderator. Terdapat empat panelis yang melakukan QnA pada Kegiatan diskusi kali ini, yaitu Ibu Tata Mustasya, SE, MA, Bapak Faizi, SEI, M.Si, Ph., Bapak Dr. Aswin Rivai, SE, MM, Ibu Rahmasari Fahria, SE, MM, dan Ibu Ayunita Ajengningtyas SM, SE, M.Accy, M.Comm, CAAT. Diskusi berjalan lancar dan penuh dengan khazanah keilmuan yang bermanfaat dan diakhiri oleh Closing Remark yang disampaikan oleh Deakan FEB Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE, Ak., M.Ak, CA, CSRS.

Share :