Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Rangkaian acara JESICA hari pertama sudah selesai dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Desember 2021. Konfrensi Internasional Jakarta Economic Sustainability hari kedua  dilaksanakan pada hari ini yaitu Jumat, 3 Desember 2021. Acara akan diisi dengan agenda webinar yang akan disampaikan oleh tiga orang narasumber dari beberapa negara. Acara dimulai pada pukul 15.30 WIB dipandu oleh Liza Febrina selaku MC.

Memasuki acara inti pada hari kedua ini, yaitu Webinar dan Diskusi Ilmiah yang akan dipandu oleh Zackaria Rialmi, S.IP., MM, CHRP selaku moderator beserta  Ir. Jerry Marmen, MS, M.Ec, M.Mgt, Ph.D selaku Co-Moderator. Pada hari kedua ini, akan diisi oleh narasumber yang berasal dari tiga negara yang berbeda, yaitu Indonesia, Perancis, dan Amerika Serikat.

Narasumber pertama adalah Prof. Jayati Ghosh yang berasal dari University of Massachusetts Amherst. Pada kesempatan tersebut, beliau memaparkan materi tentang perekonomian di India dengan tema khusus  “Indian Capitalism and Industrialism”  dan berjudul “Why Has Indian Capitalism Not Been Able To Generate Succesful Industrialization?” Beliau membahas secara ilmiah tentang mengapa kapitalisme di india tidak mampu menyukseskan industrialisasi. Dalam paparannya beliau membahas beberapa poin seperti Asia’s “Emerging Markets”, apa itu pembangunan, signifikansi India dalam perdagangan global, bagaimana peran Financial Libelaritation, dan pembahasan lainnya yang berkaitan dengan kapitalisme dan industrialisme di India.

Narasumber Webinar yang kedua adalah Prof. Olivier Faverau yang berasal dari Paris Nanterre University France. Beliau memaparkan materi yang berjudul “Sustainability in Corporate Govermance”. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa beliau merasa senang dan bangga karena telah diundang dalam acara JESICA yang diselenggarakan oleh FEB UPNVJ. Beliau melanjutkan pembahasannya terkait dengan Corporate Govermance dengan membahas beberapa poin, seperti kebijakan konvensional tentang Corporate Governance pada dekade 1970-1980, permasalahan struktural dari Corporate Governance, finansialisasi kapitalisme pada dekade 1970-1980, apa saja yang tidak disarankan untuk dilakukan pada saat sekarang terkait dengan Corporate Governance. Beliau menjelaskan materi tentang Corporate Governance dengan kompeten dan dengan pembahasan yang ilmiah disertai dengan data dan dasar teori.

 Narasumber terakhir adalah Ibu Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE, Ak., M.Ak, CA, CSRS yang berasal dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia. Beliau membawakann tema bahasan ekonomi dan bisnis yang berjudul “Circular Economy & Business Sustainability in The Anthropocene Era”. Beliau membahas era antroposen, apa dan mengapa sirkular ekonomi, serta aktivitas bisnis dan keberlanjutannya. Beliau membawakan materi secara komperhensif, kompeten, dan dilengkapi dengan data-data yang ilmiah.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi ilmiah antara para narasumber dan para audiens dipandu oleh moderator dan co-moderator. Kegiatan diskusi berjalan lancar dan penuh dengan khazanah keilmuan yang bermanfaat.

Share :