Fakultas Ekonomi dan Bisnis

ABCD FEST merupakan salah satu rangkaian acara dari ACCRUAL 2021 (Accounting Throughout Festival), yang mana acara ACCRUAL tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta. Tahun ini ABCD FEST mengangkat tema “Dewi Saraswati” yang dimaknai sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan digambarkan memiliki empat lengan yang melambangkan empat aspek kepribadian manusia dalam mempelajari ilmu pengetahuan yaitu, pikiran, intelektual, waspada (mawas diri), dan ego. Aspek-aspek tersebut sangat berberhubungan erat dengan makna acara ABCD FEST yang bertujuan untuk memberikan wawasan terkait dunia kerja, dimana ilmu pengetahuan sangat berguna untuk memberikan arah tentang bagaimana memasuki dunia karir dan mengembangkan karir tersebut.

Career Talk sendiri merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh ABCD FEST. Career Talk  memiliki tema “Map Out Your Accounting Career Path” dimana membahas mengenai gambaran besar tentang pekerjaan narasumber sebagai Akuntan Pajak, perjalanan karirnya mulai dari awal hingga saat ini, tantangan yang dihadapi dan solusinya, prospek karier kedepannya, lingkungan kerja perusahaan serta pengalaman yang perlu dipersiapkan mulai dari kuliah untuk mempersiapkan karier tersebut. Narasumber untuk Career Talk ini adalah Muhammad Reza Fahlevi sebagai Certified Tax Consultant dan Registered Tax Lawyer di salah satu Big Four.

Pada sesi pemaparan materi, kedua narasumber menjelaskan mengenai bagaimana realita kehidupan konsultan pajak pada Big 4, menjelaskan jenjang karir hingga persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa jika ingin menjadi konsultan pajak. Pada sesi ini juga kedua narasumber menjelaskan bahwa untuk masuk ke dalam Big 4 sebagai konsultan pajak tidak harus menguasai semua regulasi perpajakan, dimana pada posisi fresh graduate atau posisi junior associate akan diadakan lagi sesi training dan melakukan learning by doing. Narasumber juga menjelaskan bahwa menjadi konsultan pajak pada Big 4 memiliki waktu yang fleksibel, dan harus memiliki mental kuat serta keinginan untuk terus belajar. Jenjang karir pada konsultan pajak sangat bagus, akan tetapi hal ini juga berbanding lurus dengan tekanan untuk siap mengerti segala regulasi perpajakan yang ada. Selain pemaparan materi, sesi ini juga dilanjutkan dengan bincang-bincang MC bersama kedua narasumber untuk bagaimana menyiapkan seleksi agar dapat bergabung ke dalam Big 4, juga bagaimana menentukan karir yang diminati oleh mahasiswa. Sesi pemaparan materi berakhir pada pukul 10.29 WIB.

Pemaparan materi diikuti oleh sesi tanya jawab dengan seluruh peserta pada pukul 10.29 WIB. Pada sesi ini terdapat berbagai macam pertanyaan dari peserta yang ditujukan kepada kedua narasumber. Pertanyaan pertama dilontarkan oleh Rizky Malik Syahputra mengenai pembagian pekerjaan pada staff junior dan staff senior dalam mengurusi pajak suatu badan. Pertanyaan kedua dilontarkan oleh Vanesa Apriliyani mengenai regulasi perpajakan yang terus berubah. Pertanyaan ketiga dilontarkan ileh Melvi Putri Yuwandari mengenai kode etik konsultan pajak. Pertanyaan kelima dilontarkan oleh Ludofica Batubara mengenai apakah seorang konsultan pajak harus menguasai ilmu auditing. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh kedua narasumber berdasarkan kapabilitas dan real praktikal mereka sebagai Certified Tax Consultant dan Registered Tax Lawyer at Big 4 Sesi tanya jawab berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Acara kedua yaitu Workshop diadakan pada tanggal 30 Oktober 2021. Workshop ABCD FEST 2021 mengusung 2 topik yaitu “How to Build an Outstanding Personal Branding to Increase Self-credibility” dan “Master the Recruitment Process & Get Hired by HR”. Materi “How to Build an Outstanding Personal Branding to Increase Self-credibility” membahas mengenai cara membangun reputasi, kredibilitas, dan kepercayaan diri di mata publik untuk mempromosikan value atau nilai yang terdapat dalam diri sendiri serta cara mengkomunikasikan keunggulan dan keunikannya tersebut dengan baik dalam bentuk CV sehingga keunikan yang kita miliki bisa menjadi keunggulan yang dapat dilihat oleh perusahaan. Sedangkan materi “Master the Recruitment Process & Get Hired by HR” berisi penyampaian materi mengenai tahapan recruitment pekerjaan, membantu peserta dalam mengenali, memilih, dan memasuki pekerjaan yang dituju, teknis dan etika saat wawancara berlangsung, hingga kesalahan fatal dari para pencari kerja dalam proses recruitment pekerjaan.

Share :